MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING MELALUI MEDIA WHATSAPP DALAM MENUMBUHKAN CRITICAL THINGKING PADA SISWA SD

  • Sellawati Nurul Masitoh universitas jember
  • Ikrima Dwi Yuliyanti
  • Uci Dia Ayu Lestari
  • Chumi Zahroul Fitriyah

Abstract

Tantangan global dalam menghadapi era edukasi 4.0 yang berorientasi pada kecanggihan teknologi komunikasi misalnya handphone. Era edukasi 4.0 menjadi tantangan bagi guru dan pendidikan di Indonesia saat ini. Banyak cara yang dapat dilakukan guru dalam menghadapi era edukasi 4.0, salah satunya adalah menanamkan sejak dini keterampilan dan kemampuan untuk mengkritisi suatu permasalahan yang disebut critical thinking. Tujuan dari penulisan ini yaitu menumbuhkan sikap critical thinking pada siswa SD. Blended learning adalah metode pembelajaran yang menggabungkan metode tradisional dengan metode atau modern, misalnya dengan menggunakan aplikasi whatsapp pembelajaran dapat dilakukan tanpa tatap muka. Hasilnya media whatsApp merupakan media yang cocok diterapkan di SD untuk menanamkan jiwa critical thinking pada diri siswa. Kesimpulan untuk menumbuhkan critical thinking media whatsapp merupakan media yang efektif untuk diterapkan di SD.

Published
2018-12-28
How to Cite
MASITOH, Sellawati Nurul et al. MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING MELALUI MEDIA WHATSAPP DALAM MENUMBUHKAN CRITICAL THINGKING PADA SISWA SD. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 115-120, dec. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/9373>. Date accessed: 28 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.