PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DISERTAI PROCESS WORKSHEETS PADA MATERI HUKUM GERAK NEWTON TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA

  • Ulfa Riski Aryanti UNIVERSITAS JEMBER
  • Singgih Bektiarso UNIVERSITAS JEMBER
  • Subiki Subiki UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam upaya meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa
dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) pada Materi Hukum
Gerak Newton. Penelitian ini dilakukan pada kelas X MIA SMA Negeri di Kabupaten Bondowoso.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 SMAN Tamanan tahun ajaran 2017/2018. Metode
penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah RPP, process
worksheets, test tulis, lembar observasi dan lembar penilaian portofolio. Keterampilan proses sains
yang diukur adalah membuat hipotesis, merancang percobaan, mengumpulkan data, menganalisis
data, melakukan eksperimen, mengukur, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikan. Data
dianalisis dengan menggunakan uji t test. Hasil penelitian yaitu: a) model pembelajaran inkuiri
terbimbing (Guided Inquiry) disertai process worksheets berpengaruh signifikan terhadap
keterampilan proses sains siswa (nilai signifikan sebesar 0,000), b) model pembelajaran inkuiri
terbimbing (Guided Inquiry) disertai process worksheets berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar
siswa (nilai signifikan sebesar 0,000). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran
inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) disertai process worksheets dapat meningkatkan keterampilan
proses sains dan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Inkuiri terbimbing, process worksheets

Author Biographies

Ulfa Riski Aryanti, UNIVERSITAS JEMBER

Mahasiswa Program S1 Pendidikan Fisika FKIP

Singgih Bektiarso, UNIVERSITAS JEMBER

Dosen Pendidikan Fisika FKIP

Subiki Subiki, UNIVERSITAS JEMBER

Dosen Pendidikan Fisika FKIP

Published
2018-04-06
How to Cite
ARYANTI, Ulfa Riski; BEKTIARSO, Singgih; SUBIKI, Subiki. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DISERTAI PROCESS WORKSHEETS PADA MATERI HUKUM GERAK NEWTON TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 63-67, apr. 2018. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/7372>. Date accessed: 20 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.