PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DISERTAI VIRTUAL-LAB TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI VERBAL DAN GAMBAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X DI SMA JEMBER (Pada Pokok Bahasan Momentum Linier)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHTÂ (Numbered Heads Together) disertai Virtual Laboratory terhadap kemampuan representasi verbal dan gambar siswa pada pembelajaran fisika di SMA dan menggambarkan aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Jenggawah. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun akademik 2016/2017. Kemampuan representasi verbal dan gambar diukur melalui Post-test sedangkan aktivitas belajar siswa diukur melalui observasi. Hasil uji kelas eksperimen dan kelas kontrol dianaliss dengan menggunkan independent sample t-test dengan menggunakan SPSS 22. Hasil analisis untuk kemampuan representasi verbal menunjukkan Sig. (One-tailed) adalah 0,202 sedangkan representasi gambar menunjukkan Sig. (One-tailed) adalah 0,000. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai Virtual Laboratory berpengaruh terhadap kemampuan representasi verbal dan gambar siswa pada pembelajaran fisika di SMAN 1 Jenggawah. Skor aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran adalah 80% yang termasuk dalam kategori sangat aktif.