HIPERREALITAS BAHASA DALAM WACANA IKLAN DI MEDIA

(Studi Kasus pada Wacana Iklan Komersial dan Politik)

  • Akhmad Taufiq

Abstract

Abstrak: Fenomena bahasa tidaklah cukup dapat dipahami sebagai realitas struktural semata. Bahasa merupakan satu fenomena yang terhubung dengan realitas di luar dirinya, yang sering disebut sebagai realitas kedua. Dalam tulisan ini deskripsikan fenomena hiperrealitas bahasa dalam wacana iklan di media berbahasa Indonesia, khususnya wacana iklan komersial dan iklan politik di media. Dengan metode analisis wacana kritis, studi hiperrealitas bahasa dalam konteks demikian dimaksudkan untuk menjelaskan fenomena bahasa pada realitasnya yang kedua. Sebagai realitas yang kedua, bahasa dikonstruksi dan dimainkan sedemikian rupa demi kepentingan tertentu melalui efek citraan yang diciptakannya. Pihak pemakai bahasa dalam konteks tersebut bermaksud mendapatkan keuntungan, baik keuntungan ekonomi maupun politik dari efek citraan yang ditimbulkan oleh konstruksi bahasa tersebut.


 


Kata kunci  : Hiperrealitas bahasa, permainan bahasa,


                     wacana iklan media

Published
2020-07-20
How to Cite
TAUFIQ, Akhmad. HIPERREALITAS BAHASA DALAM WACANA IKLAN DI MEDIA. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 113-122, july 2020. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/18681>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.