LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS INKUIRI DENGAN BANTUAN SCAFFOLDING KONSEPTUAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENALARAN ILMIAH FISIKA SISWA SMA
Abstract
Scientific reasoning atau penalaran ilmiah merupakan suatu kemampuan untuk dapat membantu siswa menyelesaikan persoalan kognitif, mengenalkan kepada siswa mengenai ide yang berubah, serta alasan untuk perubahan ide tersebut. Penalaran ilmiah merupakan suatu keterampilan abad 21 yang sangat penting diajarkan di kelas sains sebagai upaya untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dunia yang berubah. Pembelajaran fisika di sekolah diharapkan dapat mengembangkan kemampuan bernalar siswa melalui hasil pengamatan terhadap fenomena alam yang ada serta dapat menunjukkan alasan yang tepat tentang mengapa dan bagaimana fenomena tersebut dapat terjadi. Data dari penelitian-penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kemampuan penalaran ilmiah yang dimiliki oleh siswa masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan penalaran ilmiah adalah dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Namun, penerapan penalaran ilmiah yang kompleks dengan model pembelajaran inkuiri masih mengalami kesulitan terutama dalam hal melibatkan siswa dalam proses inkuiri. Sehingga peneliti menawarkan solusi dengan membuat LKS berbasis inkuiri dengan bantuan scaffloding konseptual. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif dan dilaksanakan di kelas XI MIPA di SMA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis inkuiri disertai scaffolding konseptual dapat digunakan untuk pembelajaran berbasis inkuiri sehingga diharapkan dapat meningkatkan keterampilan penalaran ilmiah fisika siswa SMA.
Kata Kunci : scientific reasoning; scaffolding konseptual; inkuiri