BERBAHASA (INDONESIA) DENGAN TAMPAN DAN BERANI: MENUJU JALAN LITERASI KRITIS DALAM PRAGMATISME PEMBELAJARAN
Abstract
Abstrak: Tulisan ini secara ringkas-konseptual membeberkan jalan literasi kritis yang harus ditempuh dalam pragmatisme pembelajaran bahasa (Indonesia). Bagaimana seharusnya berbahasa Indonesia dengan tampan (estetis) dan berani (logis). Terkait dengan hal itu, tulisan ini juga mewedar pelbagai masalah pembelajaran bahasa Indonesia yang belum berkembang secara multidemensional dan masih mengalami ketaksaan (proses) selama ini. Tidak bisa dipungkiri hal tersebut mengakibatkan tercerabutnya fungsi bahasa sebagai sebagai alat berpikir. Maka ditawarkan formula dan solusi dalam pembelajaran bahasa Indonesia guna menyiapkan generasi emas 2045.
Kata kunci: literasi kritis, pembelajaran bahasa Indonesia, pragmatisme.
Published
2020-04-15
How to Cite
AMMAH, Erisy Syawiril; LESTARI, Sudarsri.
BERBAHASA (INDONESIA) DENGAN TAMPAN DAN BERANI: MENUJU JALAN LITERASI KRITIS DALAM PRAGMATISME PEMBELAJARAN.
FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 63-74, apr. 2020.
ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/14082>. Date accessed: 22 nov. 2024.