PENDEKATAN CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING (CLIL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK): BELAJAR BERBAHASA MELALUI MATERI PEMINATAN

  • Arju Muti’ah

Abstract

Abstrak: Pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan membekali peserta didik dengan  sikap menghargai bahasa Indonesia   serta kemampuan dalam  menggunakannya, terutama berkaitan dengan bidang peminatan dan pekerjaan.    Berdasarkan  hal tersebut, pembelajaran bahasa Indonesia perlu dirancang dengan memperhatikan kebutuhan bidang vokasi yang dipilih peserta didik . Paparan ini menawarkan gagasan inovatif tentang perancangan pembelajaran bahasa Indonesia dengan pendekatan Content and Language Integrated Learning  (CLIL) yang memanfaatkan materi pelajaran peminatan sebagai sumber belajar. Paduan pikiran dan konsep dari kedua paradigma tersebut dinilai dapat memberikan kontribusi bagi terwujudnya pembelajaran bahasa Indonesia di SMK yang lebih bermakna. Melalui telaah isi berbagai sumber yang relevan dan pemikiran kritis dengan berlandaskan konteks, gagasan ini dipaparkan dengan tujuan memberikan wawasan tentang pendekatan CLIL dan kemungkinan penerapannya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMK dengan mengguakan materi peminatan sebagai sumber belajar. Dengan mengacu kepada Kerangka Konseptual CLIL,yakni content, communication, cognitive, dan culture (C4), dilakukan perancangan pembelajaran bahasa Indonesia yang akan menghasilkan materi dan prosedur pembelajaran sesuai dengan peminatan dan bidang kejuruan pesrta didik.


 


Kata kunci:   pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan CLIL, SMK, materi pelajaran peminatan

Published
2020-04-15
How to Cite
MUTI’AH, Arju. PENDEKATAN CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING (CLIL) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK): BELAJAR BERBAHASA MELALUI MATERI PEMINATAN. FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 1-16, apr. 2020. ISSN 2527-5917. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/14070>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.