Kontruksi Agrowisata Kelompok Tani Durian di Desa Kemuningsari Lor Kecamatan Panti Kabupaten Jember

  • Joko Mulyono Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Jember
  • Ahkmad Munif Mubarok unej

Abstract

Otimalnya pengelolaan potensi durian dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat di kemuningsari lor menjadi bagian tujuan diselenggarakannya kegiatan pengabdian ini kontruksi agrowisata durian menjadi konsep yang diusung untuk mencapai tujuan tersebut, beberapa kegiatan yang menjadi upaya untuk mengkonstruksi terbentuknya agrowisata durian diantaranya adalah Sosialisasi Organisasi dan Kelembagaan, Pembentukan Organisasi dan Kelembagaan, Pelatihan Manajemen Wisata, Studi Banding Agrowisata, Konstruksi Tata Kelola dan Tata Ruang Agrowisata, Peningkatan Kualitas Produk Melalui Pelatihan Pembibitan dan Pencegahan Hama Penyakit, Pemberian Bibit Durian pada Komunitas Petani, Mengoptimalisasi Pemanfaatan Website, Pemaparan Pekembangan Agrowisata dan Inisiasi Pembuatan Perdes Agrowisata, Menyusun Instrumen dan Pelaksanan Monev Tahap I. Keseluruhan kegiatan tersebut menjadi upaya untuk menyiapkan masyarakat dan mempersiapkan sumberdaya agrowisata dalam mendorong terjadinya agrowisata durian di kemuningsari lor. LKM agrowisata durian sebagai organisasi dan kelembagaan yang telah dibentuk diharapkan mampu menjadi media bagi masyarakat dan komunitas petani durian dalam mengkoptimalkan potensi durian dan potensi lain di desa kemuningsari lor.

Published
2019-09-30
How to Cite
MULYONO, Joko; MUBAROK, Ahkmad Munif. Kontruksi Agrowisata Kelompok Tani Durian di Desa Kemuningsari Lor Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 13, n. 3, p. 80-95, sep. 2019. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/9319>. Date accessed: 01 dec. 2020. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v13i3.9319.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.