Pengembangan Kualitas Pengkaryaan Sanggar Seni Kembhâng Moljâ Melalui Keterampilan Perekaman Audio Untuk Meningkatkan Potensi Kesenian Di Situbondo

  • Panakajaya Hidayatullah FIB UNEJ

Abstract

Kegiatan ini merupakan program pengabdian yang berfokus pada pengembangan kualitas individu dan kelompok sanggar Kembhâng Moljâ di Situbondo, secara konkret berupaya untuk menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di dalam sanggar tersebut, melalui 1) Pelatihan tentang pendokumentasian karya (audio recording) secara metodis dan teoritis; 2) Dari hasil pelatihan diharapkan dapat langsung diterapkan menjadi media pembelajaran, sehingga dapat mengoptimalkan proses kreatif pengkaryaan, dan bisa ditransformasikan ke khalayak luas; 3) Memberikan metode dan konsep tetang pengembangan karya seni khususnya dalam konsep perekaman karya (audio-visual). Hasil yang dicapai dari kegiatan pendampingan ini ialah sebuah pengembangan sumber daya manusia dalam sanggar seni Kembhâng Moljâ. Para anggota sanggar seni Kembhâng Moljâ yang mengikuti pelatihan, mendapatkan sebuah pemahaman tentang, 1) Pengetahuan perekaman audio, prinsip-prinsipnya serta teknis mengerjakannya; 2) Keterampilan dalam merekam karya secara profesional yang terbagi dalam tiga tahapan yakni tracking-recording, mixing, dan mastering; 3) Membuat media pembelajaran berbasis rekaman.


Kata Kunci: pengembangan kualitas, sanggar seni, dokumentasi karya, Situbondo

References

Arifin, Edy Burhan (dkk). 2008. Quo Vadis Hari Jadi Kabupaten Situbondo. Situbondo: Bappekap Situbondo Bekerjasama dengan Kopyawisda Jatim.
Pasadena, Budi. 2012. Panduan Mudah Membuat Studio Rekaman di Rumah. Yogyakarta: Andi
Sutarto, Ayu. 2004. Menguak Pergumulan Antara Seni, Politik, Islam, dan Indonesia. Jember: Kelompok Peduli Budaya dan Wisata Daerah Jawa Timur (Kompyawisda).
Published
2019-01-08
How to Cite
HIDAYATULLAH, Panakajaya. Pengembangan Kualitas Pengkaryaan Sanggar Seni Kembhâng Moljâ Melalui Keterampilan Perekaman Audio Untuk Meningkatkan Potensi Kesenian Di Situbondo. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 12, n. 4, p. 383-397, jan. 2019. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/9068>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v12i4.9068.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.