Wirausaha Es Krim dan Puding Sedot Temulawak Penambah Nafsu Makan Oleh Kader Posyandu Desa Sukokerto Kecamatan Sukowono Jember

  • Ika Rahmawati Sutejo Universitas Jember

Abstract

Angka kurang gizi pada anak di kabupaten Jember merupakan salah satu tertinggi di Jawa Timur, yaitu sebesar 8.035 Balita. Hal ini membuat permasalahan kesehatan yang dihadapi kader posyandu fokus pada gangguan gizi ini. Terapi gizi/nutrisi juga merupakan penanganan utama untuk kasus tersebut. Kader posyandu merasa pengetahuan gizi mereka terbatas, sehingga makanan sehat  yang disiapkan untuk kegiatan posyandu kurang bervariatif. Selain itu kader ingin memanfaatkan pengetahuan & keterampilan mereka untuk mendapatkan tambahan penghasilan sehingga meningkatkan perekonomian keluarga.


            Es Krim dan pudot (puding sedot) merupakan 2 macam makanan yang disukai oleh anak karena texture yang lembut dan rasanya manis. Kedua makanan ini sangat cocok digunakan sebagai makanan pendamping untuk meningkatkan nafsu makan dan menambah berat badan balita gizi buruk maupun anak-anak sehat pada umumnya. Kandungan gizi kedua makanan ini cukup lengkap, terdiri dari karbohidrat/gula, protein, lemak, vitamin dan mineral dengan tambahan sari temulawak yang telah terbukti dapat meningkatkan nafsu makan.


Tim pelaksana pengabdian masyarakat memberikan solusi kepada mitra kader posyandu 72 dan 74 Desa Sukokerto Kecamatan Sukowono berupa transfer pengetahuan tentang nutrisi, pelatihan pembuatan es krim dan puding temulawak serta pendampingan kewirausahaan. Mitra juga diberikan peralatan yang dibutuhkan untuk pembuatan makanan, pengemasan hingga pemasaran produknya.  Target yang dicapai dari kegiatan ini adalah mitra mampu membuat es krim dan pudot temulawak penambah nafsu makan anak serta mampu mengelola dan memasarkan produk wirasusaha secara mandiri.

References

Amaliah A. 2017. Efektifitas Infusum Temulawak terhadap Peningatan Berat Badan Anak Prasekolah di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Dusun Semlawang Surabayan Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. Surya, Vol 09 No 01:16-22.
Anonim. 2014. Buku Pegangan Kader Posyandu. Kementrian Kesehatan RI.
Syarif DR, Lestari ED, Mevitalia M, Nasar SS. 2014. Buku Ajar Nutrisi Pediatrik dan Penyakit Metabolik. Jakarta: IDAI.
Sufi SY. 2008. Panduan Membuka dan Mengelola Wirausaha Catering Skala Rumah Tangga. Jakarta: Kawan Pustaka.
Yanis M., Aminah S., Handayani T, Ramdhan T., Harnanik S. 2014. Tingkat Kesukaan Konsumen terhadap Marsmallow Berbahan Baku Temulawak. Prosiding seminar Nasional Peranian Ramah Lingkungan Mendukung Bioindustri di Lahan Sub Optimal: 535-544.
Published
2018-05-14
How to Cite
SUTEJO, Ika Rahmawati. Wirausaha Es Krim dan Puding Sedot Temulawak Penambah Nafsu Makan Oleh Kader Posyandu Desa Sukokerto Kecamatan Sukowono Jember. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 204-211, may 2018. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/7336>. Date accessed: 22 june 2024. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v12i1.7336.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.