Pompa Air Harapan: Upaya Penanggulangan Kekeringan dan Pengembangan Usaha Mandiri Masyarakat Desa Kwadungan Lor, Kabupaten Ngawi

  • Churnia Sari Universitas PGRI Madiun
  • Bayu Fandidarma Universitas PGRI Madiun
  • Nur Solikin Universitas PGRI Madiun

Abstract

Ngawi adalah salah satu kota di Jawa Timur yang terletak di dataran rendah dan merupakan satu dari lima kota pemasok padi terbanyak. Sehingga nilai lahan di Kabupaten Ngawi menjadi sangat penting, sebagai penunjang ekonomi masyarakat. Namun berdasarkan observasi dan pemberitaan pada media elektronik, beberapa lahan di Ngawi tidak dapat diolah secara maksimal ketika musim kemarau, dan belum ada solusi yang ditawarkan terkait masalah tersebut. Program pendistribusian air dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi sudah dijalankanetapi belum merata di seluruh wilayah terutama desa-desa yang secara geografis cukup sulit untuk dijangkau. Alasan ini mendasari Pengabdian Masyarakat dilaksanakan di Kabupaten  Ngawi. Dari hasil observasi, dipilih desa Kwadungan Lor sebagai lokasi Pengabdian Masyarakat. Dengan adanya Program Pompa Air Harapan, masyarakat Kwadungan Lor menjadi lebih semangat dalam mengelola lahannya sekaligus bisa memperoleh keuntungan dari hasil bercocok tanam.

References

Putri A. Melati, dkk. “Sistem Aliran dan Potensi Air Tanah di Sebagian Desa Sembangun Ditinjau dari Aspek Kualitas dan Kuantitas” (2018) 32:2 Majalah Geografi Indonesia 155.
Musyarofah, dkk. “Prefensi Petani dalam Penjualan Gabah Pasca Panen di Desa Sumur Mati, Kecamatan Sumber Asih, Kabupaten Probolinggo” (2017) 11:1 Jurnal Pendidikan Ekonomi 81.
Sunarsih Ernawati S, “Air Bersih untuk Masyarakat Miskin dengan Sumur Bor” (2012) 3:2 Journal of Rural and Development 113.
Wibowo Agus T., M. Zen Kadir , Iskandar Zulkarnanen, “Peranan Sumur Bordalam Mengefektifkan Penyediaan Air Bersih Masyarakat Kampung Sukamanjur Kelurahan Bumi Kedamaian” (2015) 1 Artikel Ilmiah Teknik Pertanian Lampung 19.
Published
2020-09-05
How to Cite
SARI, Churnia; FANDIDARMA, Bayu; SOLIKIN, Nur. Pompa Air Harapan: Upaya Penanggulangan Kekeringan dan Pengembangan Usaha Mandiri Masyarakat Desa Kwadungan Lor, Kabupaten Ngawi. Warta Pengabdian, [S.l.], v. 14, n. 3, p. 164-172, sep. 2020. ISSN 2655-7509. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/WRTP/article/view/16958>. Date accessed: 28 nov. 2020. doi: https://doi.org/10.19184/wrtp.v14i3.16958.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.