HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA KELAS VIII SMPK INEMETE NANGAPANDA

  • Agustina Yunita Seku Faculty of Teacher Training and Education, University of Flores
  • Aloisius Harso Faculty of Teacher Training and Education, University of Flores
  • Maimunah H. Daud Faculty of Teacher Training and Education, University of Flores

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar IPA pada siswa kelas VIII SMPK Inemete Nangapanda Kabupaten Ende tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPK Inemete Nangapanda tahun pelajaran 2020/2021 dan sampel penelitian berjumlah 45 siswa yang diperoleh dengan teknik sampling jenuh. Data yang diperoleh dari sampel berupa angket lingkungan belajar dan dokumentasi hasil belajar. Data dianalisis menggunakan kerelasi product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara lingkugan belajar dengan hasil belajar IPA Fisika. Hal ini dibuktikan melalui perhitungan uji korelasi product moment yaitu 0,002 < 0,05 atau nilai probability < nilai signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antar variabel lingkungan belajar dengan hasil belajar IPA Fisika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, Y., Patmanthara, S., & Purnomo. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(12), 1650–1655. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Baharuddin, H., & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ar -Ruzz Media.
Budiarta, I. W. (2013). Penerapan Pendekatan Belajar Catur Asrama Melalui Taxonomi Tri Kaya Parisudha Dalam PKN. 59–61.
Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 19.
Djazari, M., Rahmawati, D., & Nugraha, M. A. (2013). Pengaruh Sikap Menghindari Risiko Sharing Dan Knowledge Self-Efficacy Terhadap Informal Knowledge Sharing Pada Mahasiswa Fise Uny. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(2), 181–209. Doi: https://doi.org/10.21831/nominal.v2i2.1671
Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media. March.
Fanny, A. M. (2019). Pengaruh Pembelajaran E-Lerning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd Pada Mata Kuliah Konsep Ips Lanjut. Inventa, 3.
Ginting, M. N. K., & Azis, A. (2014). Hubungan Antara Lingkungan Belajar Dan Manajemen Waktu Dengan Motivasi Menyelesaikan Studi. 6(2).
Khoirunisa, A. (2011). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Menggambar Siswa Kelas V Sd Se-Dabin III. Universitas Negeri Semarang.
Mariyana, R., Nugraha, A., & Rachmawati, Y. (2009). Pengelolaan Lingkungan Belajar (fajar Inte). KENCANA.
Muizaddin, R., & Santoso, B. (2016). Model Pembelajaran Core Sebagai Sarana Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1.
Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. 2(1), 27–31.
Muslih, A. (2014). Pengaruh Lingkungan Belajar, Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Perakitan Komputer Siswa Kelas X Program Keahlian. Skripsi, 13. https://eprints.uny.ac.id/34219/1/Achmad Muslih 09520244064.pdf
Nurdin, & Munzir. (2019). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahan Sosial. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 247–254.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkakan Hasil Belajar. Misykat, 3.
Rahmawati. (2013). Hubungan Fasilitas Belajar Dan Lingkungan Belajar Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas XI Ips Sma Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013.
Rahmawati, T. (2020). Teori Hipotesa dan Proposisi Penelitian. 2 November, 188–203.
Sando, A., Haryano, E., Siswar, D. (2013). Hubungan Antara Lingkungan Belajar Dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Geografi. 1.
Saputro, G. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Geyer Purwodadi. In Joyful Learning Journal, 7(1).
Susanti. (2019). Newman Procedure dalam Menganalisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Setara PISA. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 1. Doi: https://doi.org/10.32939/ejrpm.v2i1.283
Widyaningtyas, A. (2013). Peran Lingkungan Belajar Dan Kesiapan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pati. Skripsi. Universitas Surakarta
Ibrahim, A., A. H. Alang., Bahharudin., M. A. Ahmad., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Makasar: Gunadarma Ilmu pada Siswa Kelas V di MI AL-Abror. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Published
2023-02-23
How to Cite
SEKU, Agustina Yunita; HARSO, Aloisius; DAUD, Maimunah H.. HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPA FISIKA KELAS VIII SMPK INEMETE NANGAPANDA. ScienceEdu, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 41-45, feb. 2023. ISSN 2685-2071. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/Scedu/article/view/31101>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/se.v5i2.31101.

Most read articles by the same author(s)