Pengaruh Tekanan Udara (Inflation Pressure) pada Ban Tipe Radial Ply terhadap Rolling Resistance
Abstract
Salah satu faktor yang berperan penting pada efisiensi bahan bakar pada kendaraan adalah rolling resistance. Rolling Resistance adalah tahanan terhadap roda yang akan dan telah menggelinding akibat adanya gaya gesekan antara roda dengan permukaan jalannya roda. Ban radial umumnya mempunyai aspek ratio yaitu perbandingan tinggi dan lebar lebih kecil dari ban bias.Ban radial adalah ban yang paling banyak dipakai pada kendaraan penumpang untuk saat ini. Pada penelitian ini akan melakukan analisa tentang pengaruh tekanan udara pada ban tipe radial ply terhadap rolling resistance. Pada penelitian ini digunakan alat standar pengukuran rolling resistance yang ditetapkan oleh International Organization for Standardization (ISO), yaitu ISO 18164: 2005. Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh tekanan udara (inflation preassure) terhadap rolling resistance pada ban tipe radial ply pada kecepatan 36,7 km/jam. Penelitian ini tekanan udara yang diberikan bervariasi mulai dari 100 kPa, 150 kPa, 200 kPa, 250 kPa, dan 300 kPa dengan pembebanan radial 1kN. Nilai rolling resistance diukur menggunakan alat uji rolling resistance dan untuk mengetahui kecepatan putar menggunakan tachometer. Nilai rata – rata rolling resistance dan lebar tapak terkecil terdapat pada tekanan udara 300 kPa dengan nilai 9,36 N dan 39 mm. Nilai rata – rata rolling resistance dan lebar tapak terbesar terdapat pada tekanan 100 kPa dengan nilai 19,97 N dan 51,5 mm. Tekanan udara (inflation preassure) dapat meningkatkan dan menurunkan nilai rolling resistance, dikarenakan luasan kontak ban terhadap permukaan jalan yang berubah seiring dengan perubahan tekanan udara (inflation preassure) yang diberikan
.
Keywords: Tekanan udara, rolling resistance, ban radial ply