Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Virtual Reality Berbasis Millealab Pada Materi Mitigasi Bencana Siswa SMA

  • Muhammad Iqbal Saparuddin Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Era Iswara Pangastuti Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Bejo Apriyanto Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia
  • Ana Susiati Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl. Kalimantan 37, Jember, 68121, Indonesia

Abstract

Adanya transformasi di era digital atau sering disebut revolusi industri 4.0 berdampak pada berkembangnya kegiatan pembelajaran berbasis digital sebagai produk atau digitalisasi materi mata pelajaran. Salah satunya teknologi yang berkembang pesat pada era digital yaitu virtual reality. Dengan menggunakan teknologi ini diharapkan informasi pembelajaran dapat disajikan dengan lebih menarik, interaktif, dan dapat diterapkan sebagai media alternatif dalam membantu siswa dan guru selama kegiatan mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas media pembelajaran virtual reality dan respon siswa terhadap kehadiran media tersebut. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan desain penelitian yang diterapkan yaitu model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil angket validasi dari validator ahli materi sebesar 98% dengan kategori sangat layak , validator ahli media sebesar 88% termasuk kategori sangat layak dan validator praktisi pembelajaran sebesar 88% termasuk kategori sangat baik. Hasil angket respon siswa dari kelas XI-6 sebagai kelompok ujicoba kecil didapatkan hasil sebesar 92% dalam kategori sangat setuju dan kelas XI-7 sebagai kelompok ujicoba besar mendapatkan hasil sebesar 82% dalam kategori sangat setuju. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran geografi virtual reality sangat layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran.

References

Afwan, B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Berbasis Museum Klinik Santa Maria Kota Metro pada Materi Sejarah SMA. Tarikhuna: Journal of History and History Education, 5(1), 13-24.

Agusty, A. I., & Anggaryani, M. (2021). Teaching global warming with millealab virtual reality. Jurnal Pendidikan Fisika. 9(2): 134-144.

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran flipbook digital guna menunjang proses pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran. 8(1): 37-44

Apriyanto, B., Mujib, M. A., Noviantoro, K. M., Asmi, N. A. T., Imanjaya, A. D., & Wati, S. E. R. (2023). Pemahaman Identifikasi Penggunaan Lahan (Landuse) Berbasis Media Geospasial “Google Earth” Untuk Penguatan Literasi Spasial Siswa SMA. KIAT Journal of Community Development, 2(2), 79-88.

Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan Di Smp Kabupaten Musi Rawas. Thabiea: Journal of Natural Science Teaching. 2(2): 95-104.

Astari, T. (2021). Evaluasi Diseminasi Virtual Reality (VR) sebagai Pembelajaran Inovatif. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 113-120.

Astutik, S., & Prahani, B. K. (2018). Developing teaching material for physics based on collaborative creativity learning (ccl) model to improve scientific creativity of junior high school students. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 8(2), 91-105.

Febriana, D., VY, I. A., & Pamungkas, A. S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality berbantu Millea Lab pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 11(2), 329-340.

Kurniawan, A., Yushardi, Y., Susiati, A., Kurnianto, F. A., & Pangastuti, E. I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Group Investigation Berbantuan Media Google Earth Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, 6(2), 186-200.

Nurdin, E. A., Kurnianto, F. A., Pangastuti, E. I., Nuriyanto, M. Z., & Bella, S. (2022). The Development of Android-Based Pocket Learning Media on Earthquake Disaster Mitigation Materials To Improve Spatial Thinking of Sma Students in The Era of The Industrial Revolution 4.0. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 4, pp. 92-100).

Putra, W. P., Yusuf, M., & Effendi, A. (2023). The Innovation of Digital-Based Instructional Design and Virtual Reality on Geography Subject for 10th Grade High School. Journal of Education Technology, 7(1), 1-11.

Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan e-modul kimia berbasis kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop, 4(1).

Saraswati, D. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Audio-Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII PAI di SMP Satu Atap Tandassura Kabupaten Polewali Mandar. Skripsi. Fakultas Agama Islam. Pendidikan Agama Islam. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar. Diakses pada situs web: https://123dok. Com/document/yew6wv4y-skripsi-oleh-dewi-saraswati. Html (24 Desember 2021).

Sari, N. L. S. D., Sudana, D. N., & Parmiti, D. P. (2019). Pengaruh VCT Berbantuan Media Sederhana Terhadap Hasil Belajar PKN. Journal of Education Technology, 3(2): 49-57.

Septiana, D., Astutik, S., Pangastuti, E. I., Kurnianto, F. A., & Nurdin, E. A. (2024). Kesiapsiagaan Siswa SMA dengan Penggunaan Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) Berbantuan WebGIS Inarisk. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 12(01), 59-69.

Taufan, A., Astutik, S., Mujib, M. A., Nurdin, E. A., & Apriyanto, B. (2023). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha, 11(2), 133-143.

Wahyu Adhi Windiyantono, 5302414082 (2019) Implementasi Virtual Reality Pada Media Pembelajaran Peta Mengenai Kenampakan Dan Kekayaan Alam Wilayah Indonesia Menggunakan Game Engine Unity 3d. Under Graduates thesis, UNNES.

Zulherman, Z., Amirulloh, G., Purnomo, A., Aji, G. B., & Supriansyah, S. 2021. Development of android-based millealab virtual reality media in natural science learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education). 9(1):
Published
2024-06-15
How to Cite
SAPARUDDIN, Muhammad Iqbal et al. Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Virtual Reality Berbasis Millealab Pada Materi Mitigasi Bencana Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 93-103, june 2024. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/48320>. Date accessed: 25 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pgeo.v7i1.48320.
Section
Articles