@article{PGEO, author = {Muhammad Saparuddin and Sri Astutik and Era Pangastuti and Bejo Apriyanto and Ana Susiati}, title = { Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Virtual Reality Berbasis Millealab Pada Materi Mitigasi Bencana Siswa SMA}, journal = {MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI}, volume = {7}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {}, abstract = {Adanya transformasi di era digital atau sering disebut revolusi industri 4.0 berdampak pada berkembangnya kegiatan pembelajaran berbasis digital sebagai produk atau digitalisasi materi mata pelajaran. Salah satunya teknologi yang berkembang pesat pada era digital yaitu virtual reality. Dengan menggunakan teknologi ini diharapkan informasi pembelajaran dapat disajikan dengan lebih menarik, interaktif, dan dapat diterapkan sebagai media alternatif dalam membantu siswa dan guru selama kegiatan mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis validitas media pembelajaran virtual reality dan respon siswa terhadap kehadiran media tersebut. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan desain penelitian yang diterapkan yaitu model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil angket validasi dari validator ahli materi sebesar 98% dengan kategori sangat layak , validator ahli media sebesar 88% termasuk kategori sangat layak dan validator praktisi pembelajaran sebesar 88% termasuk kategori sangat baik. Hasil angket respon siswa dari kelas XI-6 sebagai kelompok ujicoba kecil didapatkan hasil sebesar 92% dalam kategori sangat setuju dan kelas XI-7 sebagai kelompok ujicoba besar mendapatkan hasil sebesar 82% dalam kategori sangat setuju. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran geografi virtual reality sangat layak untuk digunakan pada kegiatan pembelajaran.}, issn = {2622-125X}, pages = {93--103}, doi = {10.19184/pgeo.v7i1.48320}, url = {https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/48320} }