Pengaruh Model Pembelajaran EXO-OLO Task dengan Bantuan Media Spinning Question Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA

  • Sailah Rizqiyah Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Sri Astutik Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Bejo Apriyanto Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Era Iswara Pangastuti Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia
  • Elan Artono Nurdin Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember, Jl Kalimantan 37, Jember 68121, Indonesia

Abstract

Latar belakang dalam penelitian adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hal itu dipengaruhi oleh model pembelajaran yang bersifat klasik dan hanya satu arah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adannya pengaruh model pembelajaran EXO-OLO Task dengan bantuan media spinning question terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian post test only control design. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Jember dengan materi Pengetahuan Dasar Geografi. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran EXO-OLO Task dengan bantuan media spinning question terhadap kemampuan berpikir kritis berdasarkan nilai sig. uji T-test 0,000 (≤ 0,05) dan hasil belajar siswa berasarkan nilai sig. uji T-test 0,034 (≤ 0,05). Model pembelajaran ini juga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa berdasarkan rata-rata hasil post-test kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol.


 

References

Anwar, S., A. Ananda, Y. Suasti, & I. Furqon. (2019). EXO-OLO Task learning model: improving learning activities and student’s collaboration in geography learning based on lesson study. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. 338(1): 1-10.

Apriyanto, B., F. A. Ikhsan, E. A. Nurdin, & F. A. Kurnianto. (2018). The Influence of Team Assisted Individualization (Tai) on Geography Learning Model Team of Junior High School. Geosfera Indonesia. 2(1): 83-88.

Ariyana, Y., R. Bestary, & R. Mohandas. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hak.

Astutik, S., A. D. Lesmono, & D. A. L. Adani. (2019). Pengaruh model Collaborative Creativity (CC) terhadap kemampuan literasi sains dan hasil belajar fisika siswa di sma. Saintifika. 21(1): 9-22.

Astutik, S., E. Susantini, M. Madladzim, & M. Nur. (2017). Effectiveness of collaborative students worksheet to improve student’s affective scientific collaborative and Science Process Skills (SPS). Internasional Jurnal of Education and Research. 5(1): 151-164.

Fariha, D. N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran EXO OLO Task Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Elastisitas Zat Padat. Disertasi. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Hadi, A., & N. Nofrion. (2021). Efektivitas penerapan Flipped Classrom dan EXO OLO Task pada posisi strategis indonesia sebagai poros maritim dunia di SMA Negeri 8 Padang. Jurnal Buana. 5(2): 390-399.

Hariyati, E. W., & N. C. Sakti. (2018). Pengembangan media pembelajaran spinning question pada kompetensi dasar kerja sama ekonomi internasional kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Porong. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE). 6(3): 310-315.

Kurniawan, J. A. (2018). Pengembangan Modul IPA Berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) Pada Tema Lingkungan Untuk Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Disertasi. Jember: Universitas Jember.

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem based learning dalam pembelajaran matematika: upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. PYTHAGORAS. Jurnal Pendidikan Matematika. 14(2): 122-125.

Nasution, S. W. R. (2018). Penerapan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran fisika. Jurnal Education and Development. 3(1): 185-193.

Nofrion, N. (2017). Peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan metode “jumping task” pada pembelajaran geografi. Jurnal Geografi. 9(1): 11-20.

Nofrion, N., & B. Wijayanto. (2018). Learning activities in Higher Order Thinking Skill (HOTS) oriented learning context. Geosfera Indonesia. 3(2): 122-130.

Nofrion, N., A. Ananda, S. Anwar, H. Hasan, & I. Furqon. (2018). Effectiveness of EXO OLO TASK learning model based on lesson study in geography learning. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. 145(1): 1-9.

Santoso, L. F. (2017). The role of critical thinking in science education. Online Submission. 8(20): 160-173.

Suasti, Y., B. Wijayanto, & R. Novio. (2019). EXO OLO Task: the development of higher order thinking skills through learning activities management in geography learning. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. 286(1): 1-7.
Published
2023-02-26
How to Cite
RIZQIYAH, Sailah et al. Pengaruh Model Pembelajaran EXO-OLO Task dengan Bantuan Media Spinning Question Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. MAJALAH PEMBELAJARAN GEOGRAFI, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 1-9, feb. 2023. ISSN 2622-125X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PGEO/article/view/36600>. Date accessed: 25 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pgeo.v6i1.36600.
Section
Articles