Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan di Bandar Udara Notohadinegoro Jember
Abstract
Bandar udara Notohadinegoro merupakan bandara yang terletak di Kabupaten Jember.
Bandar udara Notohadinegoro menentukan peningkatan potensi dalam pengembangan pengoperasianya di Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dengan melakukan strategi perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana agar dapat memberi kenyamanan dan keamanan kepada setiap pelanggan di
Bandar Udara Notohadinegoro di Kabupaten Jember. Metode yang digunakan yaitu metode Importance Performance Analysis (IPA) dan SWOT. Metode IPA dapat menentukan tingkat kepuasan dan kinerja pelanggan. Sedangkan metode SWOT dapat menentukan strategi weaknesess (W), opportunities (O), strenghts (S), threats (T) dengan menggunakan
perhitungan matriks EFAS dan IFAS. Hasil penelitian ini di dapatkan bahwa kuadran IPA memiliki indikator komponen pada kuadran A yaitu toilet, tempat beribadah, air bersih, tugu nama bandara untuk di kembangkan. Analisis SWOT dapat memperoleh strategi weaknesess (W) dan opportunities (O untuk meminimalkan kelemahan dan memanfaatkan peluang.
Hasil dari titik koordinat (x,y) diperoleh titik (-0,16;0,92) terletak pada kuadran 3 turn around start yang memiliki peluang cukup besar sehingga sarana dan prasarana di bandar udara Notohadinegoro perlu adanya strategi yang harus diterapkan untuk perkembangan bandara.