EVALUASI PELAPORAN KAMSELTIBCAR LANTAS DALAM MENDUKUNG PELAPORAN DEKADE AKSI KESELAMATAN JALAN

Evaluation of Kamseltibcar Lantas Reports in Support of Reporting on Decades of Road Safety Action

  • Nunung Nuring Hayati Universty of Jember
  • Ni Nyoman Suartini Indonesia Police Traffic Corps
  • Achmad Wicaksono University of Brawijaya
  • Ike Fibriani Universty of Jember
  • Mirtha Firmansyah Universty of Jember
  • Sonya Sulistyono University of Jember

Abstract

Kamsebtibcar Lantas or secure, safety, orderliness, and fluency of traffic are made in support of road safety actions reporting on traffic due to the lack of public knowledge about the importance of using self-protection tools that have been determined in traffic law number 22 of 2009 concerning traffic and road transport. By using this program, you can find out the relationship between the factors that cause accidents. From those collected from various regions in East Java, taken from 2016 to 2018. The data obtained can be processed using data mining techniques. This technique works by using a pattern that is a reference for decision making. By using the Fp-Growth algorithm that works with the data tree system to find out the patterns of reporting activities that are happening, this pattern is determined by two parameters, namely support (support value) and confidence (certainty value). With this system, it can help the parties concerned to improve facilities in various Kamseltibcar Lantas reporting activities.


Kamsebtibcar lantas atau keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas dibuat dalampedalam mendukung pelaporan aksi keselamatan jalan pada lalu lintas yang dikarenakan minimnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya penggunaan alat perlindungan diri yang telah ditentukan pada undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Dengan menggunakan program ini dapat mengetahui hubungan antara faktor-faktor penyebab kecelakaan. Data yang dikumpulkan dari berbagai daerah yang ada di wilayah Jawa Timur diambil pada tahun 2016 sampai dengan 2018. Data yang telah didapat dapat diolah menggunakan teknik data mining. Teknik ini berfungsi dengan menggunakan pola yang menjadi acuan untuk penentuan keputusan. Dengan menggunakan algoritma Fp-Growth yang bekerja dengan sistem data tree untuk mengetahui pola kegiatan pelaporan kamsebticar lalu lintas yang sedang terjadi, pola ini ditentukan dengan dua parameter, yaitu support (nilai penunjang) dan confidence (nilai kepastian). Dengan sistem ini dapat membantu pihak yang berkaitan untuk meningkatkan fasilitas dalam berbagai kegiatan pelaporan Kamseltibcar Lantas.

Author Biographies

Nunung Nuring Hayati, Universty of Jember

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Universitas Jember
Jl. Kalimantan 37
Jember, Jawa Timur

Ni Nyoman Suartini, Indonesia Police Traffic Corps

Direktorat Keamanan dan Keselamatan
Korps Lalu Lintas, Kepolisian Republik Indonesia
Jl. M.T. Haryono Kav. 37-38
Jakarta Selatan, DKI Jakarta

Achmad Wicaksono, University of Brawijaya

Jurusan Teknik Sipil
Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya
Jl. MT.Haryono 167
Malang, Jawa Timur

Ike Fibriani, Universty of Jember

Jurusan Teknik Elektonika
Fakultas Teknik, Universitas Jember
Jl. Kalimantan 37
Jember, Jawa Timur

Mirtha Firmansyah, Universty of Jember

Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota
Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Universitas Jember
Jl. Kalimantan 37
Jember, Jawa Timur

Sonya Sulistyono, University of Jember

Jurusan Teknik Sipil
Fakultas Teknik, Universitas Jember
Jl. Kalimantan 37
Jember, Jawa Timur

Published
2019-04-30
How to Cite
HAYATI, Nunung Nuring et al. EVALUASI PELAPORAN KAMSELTIBCAR LANTAS DALAM MENDUKUNG PELAPORAN DEKADE AKSI KESELAMATAN JALAN. Journal of Indonesia Road Safety, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-10, apr. 2019. ISSN 2654-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/KORLANTAS-JIRS/article/view/15012>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/korlantas-jirs.v2i1.15012.