Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Pembentukan Kepribadian pada Siswa SMA Argopuro Panti Kabupaten Jember

  • Nur Aini Fakultas Keperawatan Univeritas Jember
  • Erti Ikhtiarini Dewi Fakultas Keperawatan, Universitas Jember
  • Yeni Fitria Fakultas Keperawatan Univeritas Jember

Abstract

In the adolescent phase, individuals will experience the process of searching for self-identity related to personality formation in adolescents. One of the factors that influence personality formation in adolescents is the application of parenting styles. This study analyzes the relationship between parenting style and personality construction in SMA Argopuro Panti, Jember Regency students. This study used a correlational research method with a cross-sectional approach. The sampling technique was Stratified Random Sampling with a total sample of 151 students. Data collection uses the Parental Authority Questionnaire (PAQ) and Big Five Personality questionnaires. The results showed that the majority received authoritarian parenting parents, namely as many as 86 respondents (57%), and extraversion personalities, as many as 89 respondents (58.9%). The results of the bivariate test with Cramer's V showed that the p-value = 0.000 <0.05 with a correlation coefficient of 0.355. This means a relationship exists between parenting style and the personality formation of SMA Argopuro Panti Jember Regency students. Nurses' role is essential to educate parents and adolescents about parenting styles and adolescent personality.

References

[1]. Santrock JW. Adolescence. 2019. 17th Editi. Adolescene. New York: McGraw-Hill Education; . 3–32 p.
[2]. Loama RT. 2021. Keefektifan Teknik Penerimaan untuk Mereduksi Krisis Identitas Siswa Kelas XI di SMAN 11 Yogyakarta. PROSIDING, 1:991–7.
[3]. Alfitaningrum EK. 2021. Hubungan Dukungan Sosial Keluarga dengan Status Identity Achievement pada Remaja. J Ris Mhs Bimbing dan Konseling, 7(1):74–80.
[4]. Farida F, Rohim A, Wadding AZ. 2022. Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan dan Tipe Kepribadian dengan Perilaku Merokok pada Remaja di Desa Segong Kabupaten Kungingan Tahun 2021. J Nurs Pract Educ, 2(2):127–39.
[5]. Lestari S, Yusmansyah, Mayasari S. 2018. Bentuk dan Faktor Penyebab Perilaku Bullying Forms and Factors Causing Bullying Behavior. J Bimbing Konseling, 6(2).
[6]. Pamungkas D, Makruf I. 2021. Pengaruh Antara Pendidikan Orang Tua dan Tipe Kepribadian Anak dengan Perilaku Bullying di Sekolah. Cendekia, 15(2):232–44.
[7]. Herminsih AR, Wulandari RA, Hutabarat NI, Febriana B, Fitria Y, Nancy MN, et al. 2021. Psikologi Keperawatan. Bandung: Media Sains Indonesia.
[8]. Muhammad Y, Murdiana S, Ridfah A. 2019. Trait Kepribadian Big Five dan Shyness Pada Mahasiswa Baru. J Psikol Klin Indones., 4(2):83–97.
[9]. Yunita L. 2021. Perkembangan Personality dan Sosial Anak Usia Dini. J Pendidik Tambusai., 5(3):9671–8.
[10]. Martinah W, Zulaiha S. 2018. Peran Orang Tua dalam Membentuk Kepribadian Anak di Rumah pada Murid SDN 06 Pal 100 Bermani Ulu Raya Kab. Rejang Lebong. Terampil J Pendidik dan Pembelajaran Dasar, 5(1):58–79.
[11]. Subagia IN. 2021. Pola Asuh Orang Tua: Faktor & Implikasi terhadap Perkembangan Karakter Anak [Internet]. Cetakan 1. Bali: NILACAKRA. Available from: http://eprints.radenfatah.ac.id/1554/5/BAB II agra.pdf
[12]. Averina GC, Zhafira YA, Venny, Corinna B, Emmanuela JLB, Sari MP. 2021. The Role of Parenting Styles on Neuroticism in Young Adults. Adv Soc Sci Educ Humanit Res, 570:1076–83.
[13]. Parulian TS, Yulianti AR. 2019. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Interaksi Teman Sebaya pada Remaja. J Keperawatan Jiwa., 7(2):173–8.
[14]. Labaiga NGE, Tuda J, Kundre R. 2019. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepribadian Remaja di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Remboken. e-journal Keperawatan, 7(1):1–9.
[15].Santrock JW. 2023. Adolescence Perkembangan Remaja. Edisi ke-6. Jakarta: Penerbit Erlangga.
[16].Saputri LK, Lestari DR, Zwagery RV. 2020. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Remaja di SMK Borneo Lestari Banjarbaru Linda. J Keperawatan dan Kesehatan, 8(1):34–42.
[17].Buanasari A. 2021. Asuhan Keperawatan Sehat Jiwa Pada Kelompok Usia Remaja. Cetakan 1. Makasar: CV. Tohar Media.
[18].Harahap AF, Hamid A, Roslita R. 2021. Hubungan Tipe Pola Asuh Orang Tua dengan Kepribadian Remaja. J Kesehat Tambusai, 2(2):335–42.
[19].Handayu A. 2023. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Lingkungan Sekolah, Sarana dan Prasarana, dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Sekolah Dasar Negeri Selat Baru di Kabupaten Barito Selatan. KINDAI, 19(1):60–9. Available from: https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf
[20]. Arsianti L, Debora BM, Safdiantina A. 2022. Gambaran Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Remaja di SMP Kristen Immanuel Grogol. J Nurse, 5(1):95–104.
[21].Riyanti NE, Setiawan D, Rondli WS. 2023. Pola Asuh Single Parent Berpendidikan Rendah Dalam Pendidikan Anak. J Educ, 9(2):507–14.
[22].R LM, Nurhani, Syaiful Y. 2019. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kejadian Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja di Klinik Pratama BNN Gresik. J Ners Community, 10(1):39–52.
[23]. BKKBN. 2017. Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah 2017. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional. Jakarta.
[24]. Sunarsih, Hariyadi. 2015. Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Sibling Rivalry pada Anak dengan Jarak kelahiran Kurang Dari atau Sama Dengan 3 Tahun. J Kesehatan, 2(1):1–8.
[25].Mediastuti F, Revika E, Winarsih. 2022. Penerapan Pola Asuh Orangtua pada Remaja Awal di SDN Monggang Fitriani Mediastuti. Tunas-Tunas Ris Kesehat, 12(3):216–20.
[26].Bibelia JT, Hidayati NO, Somantri I. 2021. Pola Asuh Orang Tua pada Remaja dengan Kecanduan Internet. Holistik J Kesehat, 15(1):166–75.
[27].Faizah I, Zaini AA. 2022. Pola Asuh Orang Tua Tunggal (Single Parent) dalam Membentuk Perkembangan Kepribadian Remaja di Desa Banyutengah Panceng Gresik. Busyro J Dakwah dan Komun Islam, 2(2):83–91.
[28].Fatmawati E, Ismaya EA, Setiawan D. 2021. Pola Asuh Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Anak pada Pembelajaran Daring. J Educ, 7(1):104–10.
[29].Miyati DS, Rasmani UEE, Fitrianingtyas A. 2021. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Pola Asuh Anak. Kumara Cendekia, 9(3):139–47.
[30].Huriati, Hidayah N. 2016. Krisis Identitas Diri pada Remaja. Sulesana, 10(1):49–62. Available from: http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/sls/article/view/1851
[31].Mulyana FI, Christanti FD, Mulya HC. 2021. Perbedaan Suicide Ideation pada Remaja Ditinjau dari Big Five Personality Traits. J Experentia, 9(1):50–62.
[32].Metwally SM. 2018. The Relationship Between Parenting Styles and Adolescents’ Personality Traits. Mansoura Nurs J, 5(2):38–51.
[33].Hasanah I, Hasmayni B. 2022. Perbedaan Perlilaku Social Loafing Ditinjau dari Big Five Personality Theory pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. JOUSKA J Ilm Psikol, 1(2):150–8.
[34]. Kilonzo PM. 2017. The Impact of Parenting Styles on Personality Dimensions of Adolescents in Public Secondary Schools: A Case of Mombasa County, Kenya. Int J Educ Res., 5(7):263–76.
Published
2024-08-19
How to Cite
AINI, Nur; DEWI, Erti Ikhtiarini; FITRIA, Yeni. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Pembentukan Kepribadian pada Siswa SMA Argopuro Panti Kabupaten Jember. Pustaka Kesehatan, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 127-135, aug. 2024. ISSN 2721-3218. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPK/article/view/42469>. Date accessed: 27 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/pk.v12i2.42469.