PENGARUH LKS DENGAN STRATEGI INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PENALARAN TERHADAP KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN SISWA SMA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh LKS dengan strategi inkuiri terbimbing berbasis penalaran
terhadap keterampilan pengambilan keputusan siswa SMA pada materi energi terbarukan. Penelitian
ini merujuk pada model pengembangan Kemp. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengamatan, dokumentasi, angket, dan wawancara.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan analiss N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
LKS dengan strategi inkuiri terbimbing berbasis penalaran dapat meningkatkan keterampilan
pengambilan keputusan siswa SMA pada materi energi terbarukan.
Kata Kunci: LKS, strategi inkuiri terbimbing berbasis penalaran, dan keterampilan pengambilan
keputusan