Studi Kasus Kesiapan Diri Sebelum Mengajar Bagi Mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Program Studi Pendidikan Fisika

  • Maulidah Maulidah SMA Negeri Kalisat
  • Amar Ma'ruf Al Bawani Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember
  • Annisa Dzikro Afifah Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember
  • Salfa Zahroh Ahadah Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pentingnya persiapan yang matang sebelum memasuki pengalaman lapangan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika dalam konteks Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Tujuan utama penelitian adalah menggali pemahaman mendalam tentang bagaimana kesiapan mental, pedagogis, dan interpersonal mempengaruhi kualitas pengajaran mahasiswa selama PLP. Pendekatan studi kasus digunakan untuk mengeksplorasi pengalaman dan pandangan mahasiswa yang terlibat dalam PLPP. Melalui wawancara mendalam dan analisis konten, penelitian ini mengungkapkan kompleksitas faktor-faktor yang membentuk tingkat kesiapan mereka dan bagaimana hal tersebut memengaruhi praktik pengajaran. Temuan menyoroti pentingnya pembekalan yang komprehensif dalam aspek kesiapan sebelum terjun ke lapangan. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pendekatan yang holistik dalam mempersiapkan mahasiswa PPL Pendidikan Fisika, memastikan bahwa mereka memiliki keterampilan dan kesiapan emosional yang cukup untuk menghadapi tantangan dunia nyata dalam mengajar. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa, terdapat beberapa kekurangan mahasiswa dalam hal kesiapan diri sebelum mengajar yaitu pemahaman konsep yang kurang mendalam, kurangnya persiapan materi, tidak siap secara emosional, kurangnya pengalaman praktik mengajar, kurangnya pengetahuan tentang strategi pengajaran, dan kurangnya keterampilan interpersonal mahasiswa. Sehingga diberikan beberapa solusi yaitu pemahaman konsep, persiapan materi, persiapan mental, persiapan emosional, memperbanyak pengalaman praktik mengajar, memahami strategi pengajaran, dan menguasai keterampilan interpersonal siswa.

Published
2023-09-30
How to Cite
MAULIDAH, Maulidah et al. Studi Kasus Kesiapan Diri Sebelum Mengajar Bagi Mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Program Studi Pendidikan Fisika. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 12, n. 3, p. 107-113, sep. 2023. ISSN 2721-1959. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/43239>. Date accessed: 25 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpf.v12i3.43239.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.