KEEFEKTIFAN METODE OMAWA (OPERASI MATEMATIKA AKSARA JAWA) TERHADAP BACA-TULIS-HITUNG AKSARA JAWA DI SEKOLAH DASAR

  • Dahlan Irawan Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember

Abstract

Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan oleh guru untuk berhubungan dengan siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa adalah metode yang mampu menggabungkan dua mata pelajaran. Metode OMAWA (Operasi Matematika Aksara Jawa) adalah sebuah metode pembelajaran yang menggabungkan dua mata pelajaran yaitu matematika: operasi matematika dan bahasa daerah: aksara Jawa, sehingga berpengaruh terhadap keterampilan baca-tulis-hitung aksara Jawa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan metode OMAWA (Operasi Matematika Aksara Jawa) dalam meningkatkan keterampilan tulis, baca dan hitung aksara Jawa dan mengetahui keunggulan dari metode OMAWA (Operasi Matematika Aksara Jawa) dalam meningkatkan baca dan tulis aksara Jawa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri Ajung 01 Jember, SD Negeri Ajung 03 Jember, dan SD Negeri Klompangan 01 Jember tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian mengambil bentuk eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes, observasi, dan wawancara. Analisis yang dilakukan dengan independent sample test dan deskriptif. Hasil uji hipotesis ini membuktikan penggunaan metode OMAWA (Operasi Matematika Aksara Jawa) dalam pembelajaran bahasa daerah: aksara Jawa di sekolah dasar berpengaruh terhadap hasil belajar dan peningkatan ketrampilan baca-tulis-hitung aksara Jawa siswa sekolah dasar.


Kata Kunci: metode pembelajaran, aksara Jawa, OMAWA,

Published
2016-05-23
How to Cite
IRAWAN, Dahlan. KEEFEKTIFAN METODE OMAWA (OPERASI MATEMATIKA AKSARA JAWA) TERHADAP BACA-TULIS-HITUNG AKSARA JAWA DI SEKOLAH DASAR. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 817-829, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3728>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.