KEEFEKTIFAN METODE OMAWA (OPERASI MATEMATIKA AKSARA JAWA) TERHADAP BACA-TULIS-HITUNG AKSARA JAWA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan oleh guru untuk berhubungan dengan siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa adalah metode yang mampu menggabungkan dua mata pelajaran. Metode OMAWA (Operasi Matematika Aksara Jawa) adalah sebuah metode pembelajaran yang menggabungkan dua mata pelajaran yaitu matematika: operasi matematika dan bahasa daerah: aksara Jawa, sehingga berpengaruh terhadap keterampilan baca-tulis-hitung aksara Jawa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keefektifan metode OMAWA (Operasi Matematika Aksara Jawa) dalam meningkatkan keterampilan tulis, baca dan hitung aksara Jawa dan mengetahui keunggulan dari metode OMAWA (Operasi Matematika Aksara Jawa) dalam meningkatkan baca dan tulis aksara Jawa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri Ajung 01 Jember, SD Negeri Ajung 03 Jember, dan SD Negeri Klompangan 01 Jember tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian mengambil bentuk eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes, observasi, dan wawancara. Analisis yang dilakukan dengan independent sample test dan deskriptif. Hasil uji hipotesis ini membuktikan penggunaan metode OMAWA (Operasi Matematika Aksara Jawa) dalam pembelajaran bahasa daerah: aksara Jawa di sekolah dasar berpengaruh terhadap hasil belajar dan peningkatan ketrampilan baca-tulis-hitung aksara Jawa siswa sekolah dasar.
Kata Kunci: metode pembelajaran, aksara Jawa, OMAWA,