PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DISERTAI CONCEPT MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA

  • Pipit Anggraeni Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember

Abstract

Model Discovery Learning disertai Concept Mapping merupakan proses pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk menemukan pengetahuannya sendiri, sehingga siswa akan lebih mudah untuk memahami dan akan lebih mudah untuk mengingatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji pengaruh model Discovery Learning disertai LKS Concept Mapping terhadap hasil belajar Fisika siswa di SMA, (2) Untuk mengkaji pengaruh model Discovery Learning disertai Concept Mapping terhadap Keterampilan proses sains siswa di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan post-test only control design. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, portofolio, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 17. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) hasil belajar siswa berdasarkan analisis Independent Sample T-Test diperoleh kompetensi pengetahuan nilai sig (2-tailed) 0.000 < 0,05, kompetensi keterampilan nilai sig (2-tailed) 0.000 < 0,05, kompetensi sikap nilai sig (2-tailed) 0.000 < 0,05 (2) hasil keterampilan proses sains siswa dengan sig (2-tailed) 0.000 < 0,05. Berdasarkan data yang diperoleh, kesimpulan yang dapat diambil adalah model pembelajaran Discovery Learning disertai Concept Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa di SMA

Kata kunci: : Model Discovery Learning, concept mapping, keterampilan proses sains, hasil belajar.

Published
2016-05-23
How to Cite
ANGGRAENI, Pipit. PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DISERTAI CONCEPT MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 808-816, may 2016. ISSN 2721-1959. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3727>. Date accessed: 21 nov. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.