PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DISERTAI CONCEPT MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA
Abstract
Model Discovery Learning disertai Concept Mapping merupakan proses pembelajaran yang mengharuskan siswa untuk menemukan pengetahuannya sendiri, sehingga siswa akan lebih mudah untuk memahami dan akan lebih mudah untuk mengingatnya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji pengaruh model Discovery Learning disertai LKS Concept Mapping terhadap hasil belajar Fisika siswa di SMA, (2) Untuk mengkaji pengaruh model Discovery Learning disertai Concept Mapping terhadap Keterampilan proses sains siswa di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan post-test only control design. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, portofolio, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisa data yang digunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 17. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) hasil belajar siswa berdasarkan analisis Independent Sample T-Test diperoleh kompetensi pengetahuan nilai sig (2-tailed) 0.000 < 0,05, kompetensi keterampilan nilai sig (2-tailed) 0.000 < 0,05, kompetensi sikap nilai sig (2-tailed) 0.000 < 0,05 (2) hasil keterampilan proses sains siswa dengan sig (2-tailed) 0.000 < 0,05. Berdasarkan data yang diperoleh, kesimpulan yang dapat diambil adalah model pembelajaran Discovery Learning disertai Concept Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa di SMA
Kata kunci: : Model Discovery Learning, concept mapping, keterampilan proses sains, hasil belajar.