IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SMAN 9 MALANG PADA TOPIK SUHU DAN KALOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik suhu dan kalor. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan subjek sejumlah 90 siswa kelas X SMAN 9 Malang tahun ajaran 2015/2016. Survey dilakukan dengan memberikan soal pemecahan masalah topik suhu dan kalor sebagai ulangan harian bagi siswa yang sudah diajarkan topik tersebut oleh guru matapelajaran. Berdasarkan analisis hasil jawaban seluruh siswa diperoleh, 39.5% siswa tidak mampu mendeskripsikan masalah ke dalam fisika, 68.2% siswa menggunakan pendekatan matematis dan hanya mencobacoba (plug and chug) dalam meyelesaikan masalah, 98% siswa tidak memeriksa kembali solusi permasalahn yang diberikan. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMAN 9 Malang tahun ajaran 2015/2016 masih kurang sehingga perlu dilatih melalui kegiatan pembelajaran yang sesuai.
Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, suhu dan kalor