IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SMAN 9 MALANG PADA TOPIK SUHU DAN KALOR

  • Imam Maksum Al Maliki Pascasarjana Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah siswa pada topik suhu dan kalor. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan subjek sejumlah 90 siswa kelas X SMAN 9 Malang tahun ajaran 2015/2016. Survey dilakukan dengan memberikan soal pemecahan masalah topik suhu dan kalor sebagai ulangan harian bagi siswa yang sudah diajarkan topik tersebut oleh guru matapelajaran. Berdasarkan analisis hasil jawaban seluruh siswa diperoleh, 39.5% siswa tidak mampu mendeskripsikan masalah ke dalam fisika, 68.2% siswa menggunakan pendekatan matematis dan hanya mencobacoba (plug and chug) dalam meyelesaikan masalah, 98% siswa tidak memeriksa kembali solusi permasalahn yang diberikan. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X SMAN 9 Malang tahun ajaran 2015/2016 masih kurang sehingga perlu dilatih melalui kegiatan pembelajaran yang sesuai.


Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, suhu dan kalor

Published
2016-05-23
How to Cite
AL MALIKI, Imam Maksum. IDENTIFIKASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS X SMAN 9 MALANG PADA TOPIK SUHU DAN KALOR. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 801-807, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3726>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.