PENGEMBANGAN MODUL FISIKA SMA BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA

  • Durrotun Ni’mah Mahasiswa Program Pascasarjana Pendidikan IPA

Abstract

Pembelajaran adalah sebuah upaya transformasi keilmuan yang sistematis dan ilmiah. Pentransformasian sebuah ilmu akan menjadi sulit jika hanya mengacu pada satu bahan ajar, mengingat kemampuan siswa dalam menyerap pengetahuan berbeda-beda. Untuk itu diperlukan media belajar yang inovatif, variatif dan kompleks. Salah satu media belajar yang ditawarkan dalam pembahasan ini adalah Modul Fisika SMA Berbasis Multirepresentasi pada Pokok Bahasan Termodinamika. Tujuannya tidak lain untuk menumbuhkan semangat belajar siswa dan agar semua siswa dapat menyerap pengetahuan dengan maksimal. Penelitian ini merupakan adaptasi dari model pengembangan 4D yang terdiri dari tiga tahap yaitu define, design, development dan desiminate.


Kata kunci: modul, termodinamika, model pengembangan 4D

Published
2016-05-23
How to Cite
NI’MAH, Durrotun. PENGEMBANGAN MODUL FISIKA SMA BERBASIS MULTIREPRESENTASI PADA POKOK BAHASAN TERMODINAMIKA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 794-800, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3725>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.