MODELLKS GAMBAR PROSESIPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPASISWA SMP
Abstract
Siswa diharapkan memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) melalui pembelajaran bermakna. Pembelajaran bermakna merupakan proses aktif membangun hubungan konseptual antara pengetahuan baru dan pengetahuan yang sudah ada. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk menfasilitasi siswa agar aktif, kreatif, dan menyenangkan adalah LKS, LKS dalam penelitian ini adalah LKS gambar proses IPA. LKS gambar proses IPA adalah LKS yang dilengkapi dengan gambar urutan kejadian/fenomena yang terjadi di alam supaya siswa dapat melihat dan menafsirkan kejadian/fenomena yang terjadi dengan menggunakan kata-kata atau tulisan, sehingga siswa dapat mengungkapkan konsep-konsep, teori-teori, atau hukum-hukum IPA yang ada pada gambar tersebut. Gambar yang dimaksud disini adalah semua visual grafis baik yang dibuat oleh tangan (berupa lukisan ataupun karikatur) ataupun teknologi (berupa foto atau gambar yang dibuat dengan komputer). Sedangkan proses IPA merupakan serangkaian urutan kejadian/fenomena yang terjadi di alam, ataupun perbandingan suatu kejadian/fenomena yang dapat digunakan untuk menemukan konsep, prinsip, atau hukum-hukum alam.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terungkap bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotor berkategori, sedang, tinggi, dan tinggi. Sedangkan Pembelajaran menggunakan media gambar memberikan peningkatan yang tinggi. Sehingga berdasarkan asumsi tersebut, maka pembelajaran menggunakan model LKS gambar proses akan dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa.
Kata Kunci: Model LKS gambar proses IPA, Hasil Belajar IPA.