PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IZSE (IDENTIFY, ANALYZE, SHARE AND EVALUATE) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN RETENSI HASIL BELAJAR SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI

  • Rois Amrullah Akbar Program Studi Pascasarjana Pendidikan IPA Universitas Jember

Abstract

Artikel ini membahas tentang model pembelajaran IZSE (Identify, Analyze, Share and Evaluate), dapat membantu siswa dalam melakukan identifikasi suatu masalah dan menemukan solusi masalah tersebut dalam suasana kerja sama yaitu bekerja dalam suatu tim. Walaupun bekerja secara kelompok tetapi untuk penilaiannya secara individu. Tujuan penulisan artikel ini yaitu, 1). Untuk mengetahui deskripsi pengembangan model pembelajaran IZSE (Identify, Analyze, Share and Evaluate) untuk pembelajaran Biologi di SMA, 2). Untuk mengetahui pengembangan model pembelajaran IZSE (Identify, Analyze, Share and Evaluate) terhadap keterampilan metakognisi siswa, 3). Untuk mengetahui pengembangan model pembelajaran IZSE (Identify, Analyze, Share and Evaluate) terhadap retensi hasil belajar siswa.


Kata kunci:Model IZSE, Metakognisi, Retensi Hasil Belajar

Published
2016-05-23
How to Cite
AKBAR, Rois Amrullah. PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IZSE (IDENTIFY, ANALYZE, SHARE AND EVALUATE) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN RETENSI HASIL BELAJAR SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 777-782, may 2016. ISSN 2721-1959. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3723>. Date accessed: 25 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.