PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IZSE (IDENTIFY, ANALYZE, SHARE AND EVALUATE) TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNISI DAN RETENSI HASIL BELAJAR SISWA SMA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI
Abstract
Artikel ini membahas tentang model pembelajaran IZSE (Identify, Analyze, Share and Evaluate), dapat membantu siswa dalam melakukan identifikasi suatu masalah dan menemukan solusi masalah tersebut dalam suasana kerja sama yaitu bekerja dalam suatu tim. Walaupun bekerja secara kelompok tetapi untuk penilaiannya secara individu. Tujuan penulisan artikel ini yaitu, 1). Untuk mengetahui deskripsi pengembangan model pembelajaran IZSE (Identify, Analyze, Share and Evaluate) untuk pembelajaran Biologi di SMA, 2). Untuk mengetahui pengembangan model pembelajaran IZSE (Identify, Analyze, Share and Evaluate) terhadap keterampilan metakognisi siswa, 3). Untuk mengetahui pengembangan model pembelajaran IZSE (Identify, Analyze, Share and Evaluate) terhadap retensi hasil belajar siswa.
Kata kunci:Model IZSE, Metakognisi, Retensi Hasil Belajar