INOVASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS POTENSI ALAM MENYIKAPI ERA MEA

  • Agus Abdul Gani Jurusan PMIPA-FKIP UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Kehidupan manusia tidak dapat terlepas dari kondisi alam semesta disekitarnya. Fenomena alam perlu dipahami setiap manusia untuk menjalani kehidupannya. Keberhasilan manusia dalam menjalani kehidupannya tidak dapat terlepas dari pemahaman dirinya terhadap ilmu pengetahuan alam (IPA). IPA bersumber dari fenomena alam. Aplikasi IPA dalam kehidupan dapat diperoleh melalui proses pendidikan. Realita nyata banyak anggota masyarakat yang kurang memahami IPA terkait kehidupannya. Hal tersebut disebabkan oleh proses pembelajaran IPA dalam pendidikan kurang berorientasi pada keaktifan siswa, dan kurang kontekstual dengan kehidupan sehari-hari, sehingga peserta didik kurang bisa memahami makna IPA dalam kehidupan nyata. Oleh karena itu perlu dilakukan inovasi dalam proses pembalajaran IPA, sehingga siswa memiliki pemahaman IPA yang mantap setelah mempelajarinya dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan. Strategi pembelajaran IPA terintegrasi yang berpusat pada aktivitas siswa (SCL) dan kontekstual dengan kehidupan manusia sehari-hari (CTL) dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap IPA dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari dan memanfaatkan potensi alam untuk sumber kehidupan


Kata kunci:inovasi pembelajaran, IPA, SCL, CTL

Published
2016-05-23
How to Cite
GANI, Agus Abdul. INOVASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS POTENSI ALAM MENYIKAPI ERA MEA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 754-767, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3721>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.