INOVASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS POTENSI ALAM MENYIKAPI ERA MEA
Abstract
Kehidupan manusia tidak dapat terlepas dari kondisi alam semesta disekitarnya. Fenomena alam perlu dipahami setiap manusia untuk menjalani kehidupannya. Keberhasilan manusia dalam menjalani kehidupannya tidak dapat terlepas dari pemahaman dirinya terhadap ilmu pengetahuan alam (IPA). IPA bersumber dari fenomena alam. Aplikasi IPA dalam kehidupan dapat diperoleh melalui proses pendidikan. Realita nyata banyak anggota masyarakat yang kurang memahami IPA terkait kehidupannya. Hal tersebut disebabkan oleh proses pembelajaran IPA dalam pendidikan kurang berorientasi pada keaktifan siswa, dan kurang kontekstual dengan kehidupan sehari-hari, sehingga peserta didik kurang bisa memahami makna IPA dalam kehidupan nyata. Oleh karena itu perlu dilakukan inovasi dalam proses pembalajaran IPA, sehingga siswa memiliki pemahaman IPA yang mantap setelah mempelajarinya dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan. Strategi pembelajaran IPA terintegrasi yang berpusat pada aktivitas siswa (SCL) dan kontekstual dengan kehidupan manusia sehari-hari (CTL) dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap IPA dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari dan memanfaatkan potensi alam untuk sumber kehidupan
Kata kunci:inovasi pembelajaran, IPA, SCL, CTL