PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU UNTUK SISWA KELAS VII BERBASIS EKSPERIMEN SEDERHANA DAN C-CAT (CONCEPTUAL – CONTEXTUAL AND ANALITYCAL THINKING) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

  • Agus Kadarmanto Program Studi Magister Pendidikan IPA FKIP Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Modul IPA Terpadu bagi siswa kelas VII SLTP. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan yaitu melalui penelitian pengembangan (Development Research) yang diarahkan untuk mengembangkan media pembelajaran IPA Terpadu berupa modul berbasis eksperimen sederhana dan C-CAT (Conceptual Contextual and Analytical Thinking). Diharapkan modul ini dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran di sekolah, sehingga siswa memiliki pemahaman konsep yang baik dan benar terhadap materi yang diajarkan, siswa memiliki keterampilan menganalisa dan memecahkan permasalahan-permasalahan yang diberikan oleh guru, siswa mampu belajar secara mandiri, siswa memiliki keterampilan proses sains serta memiliki sifat jujur dan bertanggung jawab.


Kata Kunci : Modul IPA Terpadu, Ekspeimen, Conceptual, Contextual, Analytical Thinking, Penelitian Pengembangan

Published
2016-05-23
How to Cite
KADARMANTO, Agus. PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU UNTUK SISWA KELAS VII BERBASIS EKSPERIMEN SEDERHANA DAN C-CAT (CONCEPTUAL – CONTEXTUAL AND ANALITYCAL THINKING) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 743-753, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3720>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.