PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU UNTUK SISWA KELAS VII BERBASIS EKSPERIMEN SEDERHANA DAN C-CAT (CONCEPTUAL – CONTEXTUAL AND ANALITYCAL THINKING) UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Modul IPA Terpadu bagi siswa kelas VII SLTP. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan yaitu melalui penelitian pengembangan (Development Research) yang diarahkan untuk mengembangkan media pembelajaran IPA Terpadu berupa modul berbasis eksperimen sederhana dan C-CAT (Conceptual – Contextual and Analytical Thinking). Diharapkan modul ini dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran di sekolah, sehingga siswa memiliki pemahaman konsep yang baik dan benar terhadap materi yang diajarkan, siswa memiliki keterampilan menganalisa dan memecahkan permasalahan-permasalahan yang diberikan oleh guru, siswa mampu belajar secara mandiri, siswa memiliki keterampilan proses sains serta memiliki sifat jujur dan bertanggung jawab.
Kata Kunci : Modul IPA Terpadu, Ekspeimen, Conceptual, Contextual, Analytical Thinking, Penelitian Pengembangan