STUDI PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (PENGETAHUAN KONTEN PEDAGOGIK) MAHASISWA CALON GURU FISIKA
Abstract
Pedagogical content knowledge (PCK) mahasiswa calon guru fisika merupakan pengetahuan yang sangat penting untuk menyiapkan calon guru fisika dalam mendasari kemampuan mengajarnya. Ada empat indikator untuk menentukan kemampuan PCK seseorang berdasarkan persepsi peserta didik, yaitu: subject matter knowledge (SMK), instruction representation and strategies (IRS), instructional objective and context (IOC), dan knowledge of student understanding (KSU). Penelitian ini merupakan penelitian kelas (classroom research) yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan PCK mahasiswa calon guru fisika. Penelitian ini dikenakan pada matakuliah Pengajaran Mikro semester genap tahun ajaran 2014-205 dengan subyek penelitian sebanyak 12 mahasiswa. Untuk menentukan kemampuan PCK mahasiswa calon guru digunakan instrumen kuisioner Jang, et al. (2009). Hasil studi menunjukkan bahwa Kemampuan PCK pada aspek subject matter knowledge (SMK), Instructional objective and context (IOC), Instruction representation and strategies (IRS), dan Knowledge of student understanding (KSU) rata-rata untuk tujuh item hanya pada indikator SMK yang berkategori baik, sedangkan tiga indikator yang lain masih berkategori cukup. Kesimpulannya, PCK mahasiswa calon guru fisika FKIP Universitas Jember dapat dikatakan secara rata-rata belum mencukupi untuk mengajar fisika sekolah menengah secara profesional.
Kata Kunci: Pedagogical content knowledge, SMK, IRS, IOC, dan KSU