EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBASIS LESSON STUDYDALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPASISWA KELAS IX F SMPN 9 JEMBER
Abstract
Lesson Study adalah suatu bentuk utama peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan keprofesionalan guru dengan cara mengkaji proses pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dalam jangka waktu lama dan terus menerus. Dalam Lesson Study ada tiga tahapan yaitu Plan (perencanaan), Do (pelaksanaan dengan menggunakan Model CIRC ), dan See (refleksi). Tujuan penelitian ini adalah untukmendeskripsikan efektivitas dalam meningkatkanketuntasan hasil belajar IPA dengan menggunakan Model CIRC berbasisLesson Study pada kelas IX F. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil analisis data menunjukkan dari tahap pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa 62,16%, 75,68%, dan 83,78%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran CIRC berbasis Lesson Studyefektif dalam meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran IPAdi kelas IX F SMPN 9 Jember.
Kata Kunci:Lesson Study, Efektivitas, Ketuntasan Hasil Belajar IPA