EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBASIS LESSON STUDYDALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPASISWA KELAS IX F SMPN 9 JEMBER

  • Restasa Britan Pradhana Pascasarjana Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember

Abstract

Lesson Study adalah suatu bentuk utama peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan keprofesionalan guru dengan cara mengkaji proses pembelajaran di kelas yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dalam jangka waktu lama dan terus menerus. Dalam Lesson Study ada tiga tahapan yaitu Plan (perencanaan), Do (pelaksanaan dengan menggunakan Model CIRC ), dan See (refleksi). Tujuan penelitian ini adalah untukmendeskripsikan efektivitas dalam meningkatkanketuntasan hasil belajar IPA dengan menggunakan Model CIRC berbasisLesson Study pada kelas IX F. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, tes, dan observasi. Hasil analisis data menunjukkan dari tahap pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 menunjukkan ketuntasan hasil belajar siswa 62,16%, 75,68%, dan 83,78%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran CIRC berbasis Lesson Studyefektif dalam meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran IPAdi kelas IX F SMPN 9 Jember.


Kata Kunci:Lesson Study, Efektivitas, Ketuntasan Hasil Belajar IPA

Published
2016-05-23
How to Cite
PRADHANA, Restasa Britan. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBASIS LESSON STUDYDALAM MENINGKATKAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR IPASISWA KELAS IX F SMPN 9 JEMBER. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 682-689, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3715>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.