BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERINTEGRASI STM (SAINS, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT) PADA MATA PELAJARAN FISIKA

  • Dian Bakhtiar Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember

Abstract

Kearifan lokal menggambarkan cara bersikap dan bertindak untuk merespon perubahan-perubahan yang khas dalam lingkungan fisik maupun kultural daerah setempat. Potensi lokal yang ada di setiap daerah di Indonesia merupakan suatu aset sumber daya alam, manusia, teknologi, dan budaya yang harus dipertahankan dan dikembangkan untuk meningkatkan kehidupan yang lebih madani. Secara umum, pembelajaran disekolah-sekolah selama ini kurang memperhatikan secara khusus aspek lokal ini, sehingga perlahan generasi muda mulai meninggalkan nilai-nilai luhur daerah setempat. Pembelajaran saat ini seharusnya mampu mengintegrasikan konsep sains dan teknologi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Fisika adalah salah satu mata pelajaran yang mampu mengaitkan sains-teknologi-masyarakat. Pembelajaran fisika yang terintegrasi dengan tiga hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Disisi lain, jika pemuda daerah dibekali kemampuan mengolah potensi lokal maka secara mandiri mereka akan mampu memperluas wawasan dan pendapatan finansial masyarakat. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menanamkan kearifan lokal melalui pendidikan. Metode penelitian ini adalah analisis kepustakaan. Hasil analisis menyimpulkan bahwa salah satu cara menanamkan kearifan lokal dalam pendidikan adalah melalui bahan ajar berbasis kearifan lokal kerajinan serat alam terintegrasi STM (Sains, Teknologi, dan Masyarakat) pada mata pelajaran fisika menuju ekonomi kreatif.

Kata Kunci : Kearifan Lokal, STM, Ekonomi Keatif

Published
2016-05-23
How to Cite
BAKHTIAR, Dian. BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERINTEGRASI STM (SAINS, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT) PADA MATA PELAJARAN FISIKA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 650-660, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3712>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.