PENGEMBANGAN MODUL KREATIF BERBASIS MULTIREPRESENTASI UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Fajar Lailatul M. Mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan IPA FKIP Universitas Jember

Abstract

Sistem belajar dengan fasilitas modul telah dikembangkan baik di luar maupun di dalam negeri yang dikenal dengan Sistem Belajar Bermodul (SBB). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul kreatif berbasis multirepresentasi untuk pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan mengetahui keefektifan modul kreatif yang dikembangkan berdasarkan hasil belajar dan respon siswa. Modul merupakan suatu cara pengorganisasian materi pembelajaran yang memperhatikan fungsi pendidikan. Strategi pengorganisasian materi pembelajaran mengandung squencing yang mengacu pada pembuatan urutan penyajian materi pembelajaran, dan synthesizing yang mengacu pada upaya untuk menunjukkan kepada siswa keterkaitan antara fakta, konsep, prosedur dan prinsip yang terkandung dalam materi pembelajaran. Keterampilan representasi adalah kemampuan yang harus dimiliki untuk menginterprestasi dan menerapkan berbagai konsep untuk memecahkan masalahmasalah secara tepat. Multirepresentasi merupakan suatu pendekatan pembelajaran Sains yang sekurang-kurangnya terdapat tiga representasi yang bisa direpresentasikan oleh siswa berupa representasi verbal, representasi fisis, dan representasi matematis. Pengembangan Kreatif modul berbasis multirepresentasi dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan Borg and Gall.

Kata Kunci: modul kreatif, multirepresentasi, hasil belajar

Published
2016-05-23
How to Cite
M., Fajar Lailatul. PENGEMBANGAN MODUL KREATIF BERBASIS MULTIREPRESENTASI UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 623-630, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3709>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.