PENGEMBANGAN MODUL KREATIF BERBASIS MULTIREPRESENTASI UNTUK PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Sistem belajar dengan fasilitas modul telah dikembangkan baik di luar maupun di dalam negeri yang dikenal dengan Sistem Belajar Bermodul (SBB). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul kreatif berbasis multirepresentasi untuk pembelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan mengetahui keefektifan modul kreatif yang dikembangkan berdasarkan hasil belajar dan respon siswa. Modul merupakan suatu cara pengorganisasian materi pembelajaran yang memperhatikan fungsi pendidikan. Strategi pengorganisasian materi pembelajaran mengandung squencing yang mengacu pada pembuatan urutan penyajian materi pembelajaran, dan synthesizing yang mengacu pada upaya untuk menunjukkan kepada siswa keterkaitan antara fakta, konsep, prosedur dan prinsip yang terkandung dalam materi pembelajaran. Keterampilan representasi adalah kemampuan yang harus dimiliki untuk menginterprestasi dan menerapkan berbagai konsep untuk memecahkan masalahmasalah secara tepat. Multirepresentasi merupakan suatu pendekatan pembelajaran Sains yang sekurang-kurangnya terdapat tiga representasi yang bisa direpresentasikan oleh siswa berupa representasi verbal, representasi fisis, dan representasi matematis. Pengembangan Kreatif modul berbasis multirepresentasi dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan Borg and Gall.
Kata Kunci: modul kreatif, multirepresentasi, hasil belajar