PEMANFAATAN TEKNOLOGI PADA PRODUK UNGGULAN UNTUK MENDUKUNG CITRA KAWASAN

  • Siti Azizah Jurusan Arsitektur, FTSP Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS)

Abstract

Pengembangan kelompok masyarakat usaha kecilpembuat salah satu produk unggulan berupa olahan makanan berbahan ikan di kel Wonorejo Rungkut Surabaya sangat diperlukan. Dengan pemanfaatan teknologi mereka dapat meningkatkan omset usahanya dan dapat mandiri secara ekonomi sehingga selanjutnya dapat meningkatkan kehidupannya. Selain itu pemanfaatan teknologi juga dapat meningkatkan nilai jual lokasi dan mendukung citra kawasan karena jenis olahan ini merupakan makanan khas setempat yang merupakan salah satu produk unggulan setempat. Produk Unggulan ini dibuat oleh 2 mitra, yaitu UKM pengolah ikan bandeng dan UKM produsen kerupuk Bandeng mentah. Proses pengerjaan masih konvensional dilakukan secara manual. sehingga pada mitra pertama produk mereka tidak tahan lama yaitu hanya bertahan satu hari.Metode studi kasus dan hasil pengamatan di lapangan yang digunakan menemukan 2 aspek yang dianalisa yaitu aspek produksi (bahan baku, proses produksi,produk) dan manajemen (manajemen dan SDM, Lokasi Usaha, pemasaran dan omset).Solusi yang dihasilkan padakedua mitra adalah penggunaan Teknologi pada permasalahan mereka. Solusi Pada mitra 1 berupa pengemas mesin kedap udara (vacuum sealer) agar produk tahan lama. Sedangkan solusi pada mitra 2 berupa pemasaran yang dapat menjangkau masyarakat luas perlu sarana promosi berupa media pemasaran secara online .

Kata kunci : teknologi, produk unggulan, citra kawasan

Published
2016-05-23
How to Cite
AZIZAH, Siti. PEMANFAATAN TEKNOLOGI PADA PRODUK UNGGULAN UNTUK MENDUKUNG CITRA KAWASAN. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 601-610, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3707>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.