ANALISIS KARAKTERISTIK MODEL PEMBELAJARAN SIEER (STRONG, INSTRUCTION, EXPLAINING, EVALUATING, REWARD) BERDASARKAN KAJIAN LITERATUR DAPAT DIKATEGORIKAN SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN DALAM MEMAHAMI KONSEP-KONSEP IPA.
Abstract
Pada tulisan ini menggambarkan analisis karakteristik model pembelajaran SIEER (Strong, Instruction, Explaining, Evaluating, Reward) yang memiliki lima tahap sintakmatik terdiri dari 1). Strong 2). Instruction 3). Explaining 4). Evaluating dan 5). Reward. Tujuan dari tulisan ini yaitu untuk mengetahui secara analisis apakah model pembelajaran SIEER (Strong, Instruction, Explaining, Evaluating, Reward)sudah dapat dikategorikan sebagai model pembelajaran untuk rumpun pembelajaran IPA. Metode analisis datanya yaitu berdasarkan studi literatur dan kajian teori. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran SIEER (Strong, Instruction, Explaining, Evaluating, Reward) sudah dapat dikatakan sebagai model pembelajaran.
Kata Kunci: Model pembelajaran SIEER (Strong, Instruction, Explaining, Evaluating, Reward), sintakmatik, Pembelajaran IPA.