ANALISIS KARAKTERISTIK MODEL PEMBELAJARAN SIEER (STRONG, INSTRUCTION, EXPLAINING, EVALUATING, REWARD) BERDASARKAN KAJIAN LITERATUR DAPAT DIKATEGORIKAN SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN DALAM MEMAHAMI KONSEP-KONSEP IPA.

  • TEGUH FIRMANSYAH Program Pasca Sarjana IPA FKIP Universitas Jember Guru IPA di MTs Zainul Hasan Genggong Probolinggo

Abstract

Pada tulisan ini menggambarkan analisis karakteristik model pembelajaran SIEER (Strong, Instruction, Explaining, Evaluating, Reward) yang memiliki lima tahap sintakmatik terdiri dari 1). Strong 2). Instruction 3). Explaining 4). Evaluating dan 5). Reward. Tujuan dari tulisan ini yaitu untuk mengetahui secara analisis apakah model pembelajaran SIEER (Strong, Instruction, Explaining, Evaluating, Reward)sudah dapat dikategorikan sebagai model pembelajaran untuk rumpun pembelajaran IPA. Metode analisis datanya yaitu berdasarkan studi literatur dan kajian teori. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran SIEER (Strong, Instruction, Explaining, Evaluating, Reward) sudah dapat dikatakan sebagai model pembelajaran.

Kata Kunci: Model pembelajaran SIEER (Strong, Instruction, Explaining, Evaluating, Reward), sintakmatik, Pembelajaran IPA.

Published
2016-05-23
How to Cite
FIRMANSYAH, TEGUH. ANALISIS KARAKTERISTIK MODEL PEMBELAJARAN SIEER (STRONG, INSTRUCTION, EXPLAINING, EVALUATING, REWARD) BERDASARKAN KAJIAN LITERATUR DAPAT DIKATEGORIKAN SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN DALAM MEMAHAMI KONSEP-KONSEP IPA.. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 581-589, may 2016. ISSN 2721-1959. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3705>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.