PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DISERTAI PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Abstract
Penelitian ini terkait pada pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah disertai penilaian portofolio pada pembelajaran fisika di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji keterampilan proses sains siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain post-test only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Jember. Sampel ditentukan melalui cluster random sampling. Kemudian XI MIPA 1 menjadi kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 menjadi kelas kontrol. Hasil keterampilan proses sains siswa sebesar 78,89 % dapat digolongkan dalam kategori baik. Untuk hasil belajar siswa digunakan Independent Sample T-testmenunjukkan kognitifttest = 0,007. Hasil t-test menunjukkan bahwa Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah disertai penilaian portofolio menunjukkan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.
Kata Kunci:Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar