PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DISERTAI PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

  • Nurma Hidayati Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini terkait pada pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah disertai penilaian portofolio pada pembelajaran fisika di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji keterampilan proses sains siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain post-test only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Jember. Sampel ditentukan melalui cluster random sampling. Kemudian XI MIPA 1 menjadi kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 menjadi kelas kontrol. Hasil keterampilan proses sains siswa sebesar 78,89 % dapat digolongkan dalam kategori baik. Untuk hasil belajar siswa digunakan Independent Sample T-testmenunjukkan kognitifttest = 0,007. Hasil t-test menunjukkan bahwa Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah disertai penilaian portofolio menunjukkan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.


Kata Kunci:Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar

Published
2016-05-23
How to Cite
HIDAYATI, Nurma. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DISERTAI PENILAIAN PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 573-580, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3704>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.