PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEORI KINETIK GAS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DI SMAN 5 JEMBER

  • Rena Maftu Hatul Khoiriyah Universitas Jember
  • Sudarti Sudarti Universitas Jember
  • Lailatul Nuraini Universitas Jember
  • Abd Rozak SMAN 5 Jember

Abstract

Fisika dianggap pelajaran yang sulit dan kurang menarik. Namun pada kenyataannya siswa sering beranggapan bahwa fisika adalah mata pelajaran yang sulit dan kurang menarik. Hal ini disebabkan oleh banyaknya rumus dalam menyelesaikan soal fisika sehingga membuat siswa bingung untuk menentukan rumus mana yang akan digunakan untuk menyelesaikan soal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam menganalisis konsep teori kinetik gas. Jenis penelitian ini menggunakan desain penelitian posttest only control group design. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan bahwa model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menganalisis konsep teori kinetik gas.


Kata Kunci: Fisika, HOTS

Published
2023-03-29
How to Cite
KHOIRIYAH, Rena Maftu Hatul et al. PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEORI KINETIK GAS TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA DI SMAN 5 JEMBER. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 1-8, mar. 2023. ISSN 2721-1959. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/36283>. Date accessed: 08 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpf.v12i1.36283.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.