MODEL INKUIRI TERBIMBING INTEGRASI PEER INSTRUCTION DISERTAI LKS BERBASIS MULTIREPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI VERBAL DAN MATEMATIKA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing integrasi peer instruction disertai LKS berbasis multirepresentasi terhadap kemampuan representasi verbal dan representasi matematik terhadap pembelajaran fisika SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain post-test only control design. Menggunakan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X MIPA-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA-6 sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Data dianalisis menggunakan independent sample t-test yang sebelumnya di uji normalitasnya menggunakan kolmogorov-smirnov. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing integrasi peer instruction disertai LKS berbasis multirepresentasi terhadap kemapuan representasi verbal dan matematik siswa. Hal ini berdasarkan hasil analisis pada nilai post-test kemampuan representasi verbal dan matematik yang menunjukkan bahwa rata-rata nilai representasi verbal kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol serta ratarata nilai representasi matematik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol
Kata Kunci:inkuiri terbimbing, peer instruction, representasi verbal, representasi matematik