PENGGUNAAN PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI DENGAN SETTING QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN GERAK MELINGKAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMAHAMANKONSEP MAHASISWA CALON GURU FISIKA

  • I Ketut Mahardika Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember (UNEJ)

Abstract

Telah dilakukan penelitian eksperimen tentang dampak penggunaan pendekatan multirepresentasi dengan setting quantum teachingdalam pembelajaran materi Gerak Melingkar terhadap pemahaman konsep calon guru fisika. Multirepresentasi yang digunakan adalah: representasi verbal, matematik, gambar, dan grafik. Masalah yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah “bagaimana efektivitas penggunaan pendekatan multirepresentasi dengan setting quantum teaching dalam menanamkan pemahaman kosep gerak melingkar di kalangan mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Fisika Sekolah II ?”. Desain eksperimen yang digunakan adalah one group posttest only design. Subyek penelitian 86 orang mahasiswa calon guru fisika, Prodi Pendidikan Fisika pada salah satu LPTK Negeri di Jawa Timur yang sedang menempuh mata kuliah Fisika Sekolah II. Instrumen utama penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konseptual terkait materi teorema gerak melingkar dalam bentuk tes obyektif jenis pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 79 % dari jumlah mahasiswa mendapat skor tes pemahaman konseptual gerak melingkar ≥ 80. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan multirepresentasi dengan setting quantum teachingcukup efektif digunakan dalam rangka menanamkan pemahaman konsepkonsep Fisika di kalangan mahasiswa calon guru fisika.


Kata kunci: Pendekatan multirepresentasi dengan setting quantum teaching, pemahaman konsep, teorema gerak melingkar.

Published
2016-05-23
How to Cite
MAHARDIKA, I Ketut. PENGGUNAAN PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI DENGAN SETTING QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN GERAK MELINGKAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP PEMAHAMANKONSEP MAHASISWA CALON GURU FISIKA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 545-554, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3625>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.