PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DISERTAI PERMAINAN DOMINO FISIKA(DOMFIS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA
Abstract
Pembaharuan komponen pembelajaran yang dapat mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan melibatkan keterampilan proses sains merupakan hal yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing disertai permainan Domino Fisika (Domfis) terhadap keterampilan proses sains, hasil belajar siswa, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model inkuiri terbimbing disertai permainan Domino Fisika (Domfis) dalam pembelajaran fisika SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik cluster sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah random, pre-test, post-test desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing disertai permainan domino fisika (Domfis) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil analisis pada nilai tes keterampilan proses sains dan nilai pre-test dan post-test yang menunjukkan rata-rata nilai keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol serta ratarata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Respon yang diberikan siswa terhadap penerapan rmodel inkuiri terbimbing disertai permainan Domino Fisika (Domfis) dalam pembelajaran fisika adalah respon positif atau respon baik dengan rata-rata persentase respon siswa sebesar 79,82%.
Kata Kunci: model inkuiri terbimbing, domino fisika,keterampilan proses sains