KONSEP DAN KARAKTERISTIK MODEL RIDEE (READING, IDENTIFY, DEFINE, EXPLORE, EXPLAIN) BERBASIS CTL DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA

  • Ika Iffah Ilmiah Mahasiswa Pasca Sarjana Pendidikan IPA, FKIP Universitas Jember

Abstract

Kurikulum 2013 lebih menekankan pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Pembelajaran saintifik dirancang agar peserta didik secara aktif membangun konsep dan prinsip melalui tahapan 5M, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi dan mengkomunikasikan konsep dan prinsip tersebut. Pengembangan model RIDEE berbasis CTL merupakan salah satu model pengembangan yang tepat dalam rangka mengkonstruk pendekatan saintifik. Model RIDEE (Reading, Identify, Define, Explore dan Explain) merupakan model pembelajaran yang terdiri dari langkah – langkah pembelajaran yang disusun sedemikian rupa sehingga peserta didik dapat mengembangkan ketrampilan proses sains dan dapat menguasai kompetensi yang akan dicapai. Selain itu, berdasarkan teori belajar bahwa model RIDEE juga telah memenuhi karakteristik sebuah model pembelajaran, yaitu terdapat sintakmatik, sistem sosial, sistem reaksi, sistem pendukung (meliputi dampak instruksional dan dampak pengiring). Selanjutnya disarankan model RIDEE (Reading, Identify, Define, Explore dan Explain) dapat dijadikan sebagai alternatif pengembangan model baru yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah.


Kata Kunci:Pendekatan Saintifik, Model Pembelajaran RIDEE, Sintakmatik, Sistem Sosial, Sistem Reaksi, Sistem Pendukung

Published
2016-05-23
How to Cite
ILMIAH, Ika Iffah. KONSEP DAN KARAKTERISTIK MODEL RIDEE (READING, IDENTIFY, DEFINE, EXPLORE, EXPLAIN) BERBASIS CTL DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 514-526, may 2016. ISSN 2721-1959. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3622>. Date accessed: 28 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.