PENGEMBANGAN MEDIA FLASHFLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP

  • Dendik Udi Mulyadi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember

Abstract

Media Flipbook berupa gabungan teks, animasi, suara, video dan lain sebagainya. Media Flipbook dirasa cocok dengan pengembangan Kurikulum saat ini. Dimana pembelajaran IPA Terpadu pada Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu produk berupa Media Flipbook yang valid, mengetahui peningkatkan Keterampilan Berfikir Kreatif siswa, dan mengetahui pemahaman siswa SMP kelas VIII pada materi Indera Penglihatan dan Alat Optik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang telah dimodifikasi menjadi 3-D. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Jember. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, maka didapat hasil 1) Media Flipbook pada materi Indera Penglihatan dan Alat Optik yang dikembangkan masuk ke dalam kategori valid 2) keterampilan berfikir kreatif siswa selama kegiatan belajar mengajar mengalami peningkatan 3) pemahaman siswa dengan menggunakan Media Flipbook sudah berkategori Cukup paham.

Kata kunci :penelitian pengembangan,media flipbook, keterampilan berfikir kreatif

Published
2016-05-23
How to Cite
MULYADI, Dendik Udi. PENGEMBANGAN MEDIA FLASHFLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 505-513, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3621>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.