MODEL PEMBELAJARAN INSTRUCTION, DOING, DAN EVALUATING (MPIDE) DENGAN PHET PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Abstract
Pembelajaran fisika menurut kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik yang memuntut siswa aktif dalam mengobservasi, membandingkan, dan membentuk konsep. Maka guru harus mempertimbangkan model dan media yang efektif dan efisien. Sintakmatik MPIDE mencakup kegiatan ilmiah dan penggunaan PhET dapat merepresentasi kegiatan membentuk konsep sebagai media praktikum. Tujuan penelitian ini adalah bagaimanakah PhET dalam MPIDE yang efektif pada pembelajaran fisika di SMA. Bagaimanakah PhET dalam MPIDE yang efektif untuk hasil belajar pada pembelajaran fisika di SMA. Serta bagaimanakah PhET dalam MPIDE yang efektif untuk Keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika di SMA. Penelitian ini diterapkan di kelas X.MIPA.4 SMA Negeri 2 Jember. Desain penelitian menggunakan action research model siklus hopkins. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan N-gain dan keterampilan proses sains menggunakan Ps. Hasil analisis data menunjukkan prosentase N-gain hasil belajar siswa kriteria tinggi siklus 1 sebesar 30,30%, siklus 2 sebesar 63,63%, dan siklus 3 sebesar 78,79%. Sedangkan prosesntase (Ps) KPS siswa kriteria minimal baik diperoleh pada siklus 1 sebesar 87,88%, siklus 2 sebesar 93,94%, dan siklus 3 sebesar 93,94%.
Kata kunci :MPIDE, PhET, pembelajaran yang efektif