PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS X

  • Umi Nadhofa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan metode eksperimen terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam pembelajaran fisika pada materi suhu dan kalor di MAN 1 Jember kelas X. Penelitian ini menggunakan 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan metode eksperimen dan kelompok kontrol yang menggunakan model direct instruction. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata berpikir tingkat tinggi siswa kelas ekperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, yaitu 59.70 pada kelas kontrol dan 48.42 pada kelas eksperimen. Kemudian dianalisis menggunakan uji-t dengan Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 atau nilai Sig. < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (() ditolak dan hipotesis alternatif (() diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan metode eksperimen berpengaruh terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada pembelajaran fisika di MAN 1 Jember kelas X.


Kata Kunci: Model Kooperatif NHT, Metode Eksperimen dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Published
2016-05-23
How to Cite
NADHOFA, Umi. PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS X. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 484-491, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3619>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.