KONSEP DAN KARAKTERISTIK PENDEKATAN PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) PADA PELAJARAN KIMIA SMA
Abstract
Banyak kesulitan yang dijumpai siswa dalam memahami ilmu kimia di pembelajaran. Kesulitan dalam memahami ilmu kimia disebabkan karena materi ilmu kimia sering dijelaskan secara abstrak dan kurang relevan dengan kehidupan seharihari. Pada pembelajaran sains, seperti pelajaran kimia seringkali materi pelajaran tidak dikaitkan dengan keadaan aktual di masyarakat sehingga konsep-konsep yang dikuasai siswa di sekolah kurang dapat dimanfaatkan atau diaplikasikan ketika mereka memiliki masalah dalam kehidupannya. Oleh karena itu, dalam upaya memenuhi tuntutan dan mengatasi problema-problema tersebut diperlukan suatu pendekatan pembelajaran yang dapat mengimbangi kemajuan teknologi. Banyak pendekatan – pendekatan pembelajaran sains yang dapat diterapkan, namun dalam keterkaitan konsep kimia, pendekatan pembelajaran yang sesuai diterapkan adalah pendekatan pembelajaran yang berbasis sains, teknologi, masyarakat dan lingkungan, sehingga konsep-konsep dalam pendidikan sains khususnya ilmu kimia lebih mudah dipahami. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat diterapkan dan berkaitan erat dengan sains, teknologi, masyarakat dan lingkungan adalah pendekatan pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society). Dalam pendekatan pembelajaran ini siswa diberikan isu di masyarakat yang berhubungan dengan konsep- konsep kimia, dan diharapkan pendekatan pembelajaran ini dapat menangani permasalahan yang ada di pembelajaran, sehingga siswa mampu menggali pengalaman belajaranya untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan keterampilan proses.
Kata kunci : pemahaman konsep, keterampilan proses dan SETS (Science, Environment, Technology, Society).