PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS GAMBAR PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan proses, khususnya pada mata pelajaran IPA SMP di Kota Lumajang. Secara khusus target yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengembangkan Model bahan ajar berbasis gambar proses dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan ketrampilan proses sains siswa terhadap konsep konsep IPA SMP.Dalam pelaksanaannya, penelitian diawali identifikasi masalah di sekolah,kemudian merancang bahan ajar berbasis Gambar Proses berdasarkan materi yang ada dalam kurikulum. Untuk menguji kevaliditasan bahan ajar berbasis Gambar Proses maka dilakukan uji validitas kepada pakar dan uji terbatas kepada siswa SMP. Salah satu indikasi yang menyebabkan rendahnya hasil yang dicapai oleh siswa untuk mata pelajaran IPA SMP adalah kurangnya guru memperhatikan konsep prasyarat yang harus dikuasai siswa sebelum menjelaskan materi baru.Untuk mengatasi masalah masalah tersebut perlu dibuat bahan ajar yang bermakna yaitu berupa bahan ajar berbasis Gambar Proses . Model Bahan ajar Gambar Proses yang dikembangkan dalam buku ajar terdiri dari Gambar / Foto yang disusun secara sistematis dan mudah dipahami oleh siswa. Berdasarkan hasil validasi dan uji terbatas buku ajar yang dibuat, secara umum sudah berkategori baik walaupun masih banyak saransaran yang perlu diperbaiki. Agar dihasilkan model yang efisien dan efektif maka perlu dilakukan uji coba terlebih dahulu kepada sampel yang lebih luas.
Kata Kunci : bahan ajar, gambar proses, ketrampilan proses.