MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN LKS BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Abstract
Dewasa ini pendidikan formal mengalami permasalahan yang utama adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji pengaruh model kooperatif tipe STAD berbantuan LKS berbasis pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar siswa, mendeskripsikan kerjasama siswa dan mendeskrispikan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan post-test onlycontrol group. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, portofolio, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket. Analisa data hasil belajar fisika siswa menggunakan independent sample t-test. Analisa deskripsi kerjasama siswa menggunakan persentase kriteria kerjasama siswa. Analisa deskripsi motivasi belajar siswa menggunakan persentase kriteria motivasi. Hasil perhitungan pada uji Independent sample t-test pada hasil belajar diperoleh nilai ttest dari masingmasing ranah yaitu: ranah afektif ttest = 3,499; ranah psikomotor ttest = 2,122; ranah kognitif ttest = 4,025. Nilai t tabel adalah t0,05(72) = 1.99346. Maka ttest> ttabel, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Hasil analisis data untuk kerjasama siswa diperoleh presentase rata-rata dari seluruh indikator sebesar 86,8% dengan kriteria sangat baik. Hasil analisis data motivasi belajar siswa diperoleh presentase rata-rata dari seluruh aspek motivasi sebesar 76,46% dengan kriteria termotivasi.Kata Kunci:STAD, LKS kontekstual
Published
2016-05-23
How to Cite
DEWI, Vicky Cahya.
MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN LKS BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA.
JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 421-432, may 2016.
ISSN 2721-1959.
Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3613>. Date accessed: 04 dec. 2024.
Section
Articles