PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DISERTAI PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITASDAN HASIL BELAJAR FISIKA DI KELAS X IPA MA “UNGGULAN” NURIS

  • Lailatul Ma’rifah Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember

Abstract

Permasalahan dikelas X IPA MA “Unggulan” NURIS adalah akltivitas belajar dan hasil belajar kognitif yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif siswa di kelas X IPA MA “Unggulan” NURIS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian menggunakan model siklus hopkins. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif siswa. Pada kegiatan pra siklus terdapat 2 siswa yang tidak hadir dan 34 siswa hadir, ratarata persentase aktivitas belajar sebesar 27% dengan kategori siswa kurang aktif, sedangkan rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 61,2 dan belum memenuhi (kriteria Ketuntasan Minimal)KKM, 11 siswa sudah tuntas dan 23 siswa belum tuntas. Pada kegiatan siklus I terdapat 3 siswa yang tidak hadir dan 33 siswa yang hadir, rata-rata persentase aktivitas belajar sebesar 77% dengan kategori siswa aktif, sedangkan rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 70,9 dengan nilai Ngain sebesar 0,25 yang tergolong peningkatan dengan kategori rendah, 18 siswa sudah tuntas dan 15 siswa belum tuntas. Pada kegiatan siklus II terdapat 3 siswa yang tidak hadir dan 33 siswa yang hadir, rata-rata persentase aktivitas belajar siswa sebesar 94% dengan kategori siswa sangat aktif, sedangkan rata-rata hasil belajar kognitif siswa sebesar 76,06 dengan nilai N-gain sebesar 0,38 yang tergolong peningkatan dengan kategori sedang, 8 siswa belum tuntas dan 25 siswa yang sudah tuntas.


Kata Kunci: Numbered Head Together (NHT), Praktikum, Aktivitas belajar, Hasil belajar

Published
2016-05-23
How to Cite
MA’RIFAH, Lailatul. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DISERTAI PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITASDAN HASIL BELAJAR FISIKA DI KELAS X IPA MA “UNGGULAN” NURIS. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 367-377, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3608>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.