PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran PBL berbantuan E-LKPD terhadap aktivitas dan hasil belajar
serta respon siswa setelah pembelajaran menggunakan model PBL berbantuan
E-LKPD pada pokok bahasan besaran dan satuan. Jenis penelitian ini adalah
eksperimen. Populasi penelitian ini adalah kelas X SMA Negeri 2 Jember tahun
ajaran 2022/2023 dengan menggunakan dua sampel penelitian yaitu kelas
kontrol dan kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan uji normalitas dan
jika data terdistribusi normal akan dilanjutkan dengan uji hipotesis
menggunakan uji independent sampel t test, sedangkan jika data tidak
terdistribusi normal maka akan dilakukan uji hipotesis menggunakan mann
whitney u. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil untuk aktivitas belajar
dilakukan uji t dan menghasilkan signifikan sebesar 0,000 yang artinya tes
dinyatakan signifikan dan untuk hasil belajar dilakukan uji mann whitney u
karena data tidak terdistribusi normal dan didapatkan hasil signifikan sebesar
0,000 yang artinya tes dinyatakan signifikan. Hasil penelitian dapat disimpulkan
terdapat pengaruh model PBL berbantuan E-LKPD terhadap aktivitas dan hasil
belajar siswa SMA pada pokok bahasan besaran dan satuan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.