PERANCANGAN GAME EDUKASI FISIKA BERBASIS TOKOH PEWAYANGAN GUNA MEMBANGUN KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

  • Caecar Ramadhan Muhammad Program Studi S1 Teknik Mesin, FakultasTeknik, Universitas Jember

Abstract

Persiapan bahan ajar pembelajaran fisika yang digunakan dalam proses pembelajaran masih kurang, padahal siswa sudah banyak yang memiliki buku pegangan fisika. Hal tersebut terjadi karena belajar menggunakan buku pegangan kurang menarik dan siswa sulit untuk memahami buku pegangan tersebut, sehingga prestasi siswa Indonesia di kanca Internasional masih rendah, terutama dalam bidang sains. Selain siswa Indonesia yang mengalami kesulitan dalam bidang sains, masalah lain yang terjadi adalah kurangnya ketertarikan siswa terhadap budaya bangsa. Salah satu budaya bangsa yang mulai ditinggalkan yaitu kesenian tradisional pewayangan. Siswa Indonesia lebih tertarik terhadap budaya asing dibandingkan dengan wayang itu sendiri.Untuk merangsang siswa dalam proses pembelajaran khususnya siswa SMP diperlukan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang efektif yaitu game. Tujuan dari penulisan paper ini antara lain untuk memberikan stimulus terhadap siswa SMP agar tertarik belajar pelajaran fisika, dapat menjawab pertanyaan dalam pelajaran fisika, menjaga budaya bangsa berupa wayang, membangun karakter siswa melalui sifat tokoh pewayangan, serta dapat mengambil nilai-nilai yang terkandung dalam cerita pewayangan. Metode penulisan menggunakan studi literatur dari sumber terpercaya untuk analisis data dn penarikan kesimpulan. Game edukasi fisika berbasis tokoh pewayangan ini dirancang menggunakan macromedia flash, dengan rancangan adanya beberapa pertanyaan mengenai permasalahan dibidang fisika. Siswa diharapkan mampu menjawab pertanyaan tersebut, sehingga dapat meningkatkan daya pikir dan wawasan siswa. Gambar yang digunakan dalam game ini yaitu dengan gambar tokoh pewayangan dan adanya beberapa cerita tentang tokoh tersebut. Hal ini bertujuan agar siswa dapat mengambil nilainilai yang terkandung dalam cerita perwayangan sekaligus untuk menjaga budaya bangsa yang sudah mulai ditinggalkan. 

Kata kunci: Game Edukasi, Tokoh Pewayangan, SiswaSMP

Published
2016-05-23
How to Cite
MUHAMMAD, Caecar Ramadhan. PERANCANGAN GAME EDUKASI FISIKA BERBASIS TOKOH PEWAYANGAN GUNA MEMBANGUN KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 357-366, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3607>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.